DETAIL DOCUMENT
Analisis Peningkatan Minat Baca Alkitab Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Anak Kelas Va di SDN 143 Inpres Ge'tengan
Total View This Week0
Institusion
INSTITUT AGAMA KRISTEN NEGERI TORAJA
Author
Marlisarti, Elriana
Subject
LB1501 Primary Education 
Datestamp
2024-07-30 09:29:39 
Abstract :
Elriana Marlisarti (20123393) dengan judul Analisis Peningkatan Minat Baca Alkitab Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Anak Kelas V di SDN 143 Inpres Ge?tengan. Dibimbing oleh Sanda Mongan, S.Th., M.Pd.K dan Semuel Tokarn, M. Th. Kajian ini didorong oleh keprihatinan penulis melihat kenyataan yang teq'adi dalam kehidupan siswa yang tidak memiliki kecintaan terhadap Firman Tuhan sehingga tidak berminat untuk membaca Alkitab. Penulis mengamati bahwa guru selaku pembina anak di sekolah memiliki peluang yang besar untuk dapat membangkitkan minat siswa terhadap Alkitab. Oleh karena itu peluang pembentukan karakter yang baik dapat dilakukan oleh guru di sekolah yakni dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif yang terdiri dari berbagai macam metode yang dapat diterapkan dalam pembelajaran sehingga penerapannya dalam pembelajaran PAK dapat membantu meningkatkan minat baca Alkitab siswa. Dengan adanya permasalahan yang teijadi dalam kehidupan siswa yang menampakkan perilaku yang negatif dalam pembelajaran seperti terlihat bosan, tidak bersemangat dan tidak membawa Alkitab ke sekolah serta tidak senang membaca Alkitab. Maka dalam hal ini penulis merespon masalah yang teijadi dengan melakukan penelitian yang menggunakan metode penelitian kualitatif yang didalamnya penulis melakukan studi kepustakaan, observasi dan wawancara yang bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan minat baca Alkitab siswa melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif. Melalui penelitian ini, penulis mengharapkan siswa dapat memahami pentingnya membaca Alkitab. Tujuan utama membaca Alkitab bagi anak ialah untuk mengetahui kebenaran dalam Yesus Kristus dan dapat menerima Yesus Kristus menjadi Juruselamatnya. Guru harus selalu berusaha untuk memberi motivasi kepada siswa agar selalu membaca Alkitab sebab membaca Alkitab akan memberi banyak manfaat dalam kehidupan manusia. Setelah melakukan penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif dalam pembelajaran PAK dapat membantu meningkatkan minat baca Alkitab siswa. Peningkatan tersebut ditandai dengan adanya semangat yang dimiliki siswa dalam belajar yang dinyatakan dengan kemauan selalu membawa Alkitab ke sekolah, senang membaca Alkitab bersama teman dan mendisiplin diri untuk membaca Alkitab setiap hari. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka penulis menyarankan kepada siswa untuk mengatur waktu dengan baik agar memiliki waktu khusus untuk membaca Alkitab dan kepada guru agar terus merencanakan pembelajaran yang menyenangkan guna memberi motivasi kepada siswa untuk selalu membaca Alkitab. 
Institution Info

INSTITUT AGAMA KRISTEN NEGERI TORAJA