DETAIL DOCUMENT
Penerapan Pendekatan PAIKEM untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa dalam pembelajaran PAK di SDN 007 Tamalantik Kabupaten Mamasa
Total View This Week0
Institusion
INSTITUT AGAMA KRISTEN NEGERI TORAJA
Author
Daturara', Damaris
Subject
LB1501 Primary Education 
Datestamp
2024-07-30 09:33:33 
Abstract :
Masalah dari penelitian ini adalah kurang aktifnya siswa pada saat pembelajaran khususnya pembelajaran PAK yang ditandai dengan minimnya keterlibatan siswa pada saat pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pendekatan PAIKEM untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di SDN 007 Tamalantik Kabupaten Mamasa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan teknik pengumpulan data observasi dan dokumentasi. Penelitian dilakukan dua siklus tindakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan PAIKEM untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas IV SDN 007 Tamalantik dalam pembelajaran PAK mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari hasil pencapaian pada persentase siswa pada setiap siklus yakni pada siklus I jumlah skor adalah 67% dan pada sklus II dengan jumlah skor 71%. Artinya dari penelitian ini penerapan pendekatan PAIKEM dapat menjadi alternatif guru sebagai pengajaran yang dapat meningkatkan minat belajar siswa khusunya dalam pembelajaran PAK. Kata Kunci: Pembelajaran PAK, Minat Belajar Siswa, dan PAIKEM. 
Institution Info

INSTITUT AGAMA KRISTEN NEGERI TORAJA