DETAIL DOCUMENT
Analisis Penerapan Kurikulum Holistik Integratif dalam Meningkatkan Rasa Empati Anak Usia 9-11 Tahun di PPA ID0852 Kharisma Betlehem Desa Baramamase
Total View This Week0
Institusion
INSTITUT AGAMA KRISTEN NEGERI TORAJA
Author
Bulan, Yelsi Embong
Subject
LB1501 Primary Education 
Datestamp
2024-07-30 09:35:10 
Abstract :
Yelsi Embong Bulan, 1020196892. ?Analisis Penerapan Kurikulum Holistik Integratif Dalam Meningkatkan Rasa Empati Anak Usia 9-11 Tahun Di PPA ID0852 Kharisma Betlehem Desa Baramamase.? Dibimbing oleh Yanni Paembonan, M.Pd.K. dan Selia Dwi Kurnia, M.Pd.Tulisan ini dilatar belakangi oleh kurangnya rasa empati pada anak usia 9-11 tahun di PPA ID0852 Kharisma Betlehem Desa Baramamase. Tujuan dari penelitian in ialah untuk mengetahui penerapan kurikulum holistik integratif dalam meningkatkan rasa empati anak Usia 9-11 Tahun Di PPA ID0852 Kharisma Betlehem Desa Baramamase. Metode penelitian yang digunakan pada skripsi ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian sosial yakni studi kasus. Adapun hasil yang ditemukan dalam penerapan kurikulum holistik integratif dalam mengembangkan rasa empati anak usia 9-11 tahun di PPA ID0852 Kharisma Betlehem Desa Baramamase dilakukan dengan cara mengaplikasikan empat aspek, yakni aspek spiritual, intelektual, fisik-motorik dan sosio-emosional ke dalam tiga tahap kegiatan pembelajaran, yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup, dan peningkatan rasa empati pada anak dilakukan dengan melibatkan anak dalam kegiatan berkelompok, serta menjadikan pendidik sebagai teladan untuk menunjukkan contoh sikap empati dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : Kurikulum Holistik Integratif, Empati, Pusat Pengembangan Anak. 
Institution Info

INSTITUT AGAMA KRISTEN NEGERI TORAJA