DETAIL DOCUMENT
Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran PAK Kelas VIII DI SMP Negeri 2 Sopai
Total View This Week0
Institusion
INSTITUT AGAMA KRISTEN NEGERI TORAJA
Author
Ribka, Ribka
Subject
LB1603 Secondary Education. High schools 
Datestamp
2024-07-30 09:36:57 
Abstract :
RIBKA. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Kelas VIII di SMP Negeri 2 Sopai (dibimbing oleh Sumiaty dan Serdianus). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapkan model pembelajaran Problem based learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAK Kelas VIII di SMP Negeri 2 Sopai. Problem Based Learning merupakan cara penyajian pelajaran dengan memanfaatkan permasalahan yang ditemui anak untuk digunakan sebagai bahan pelajaran yang kemudian permasalahan tersebut dibahas atau didiskusikan bersama untuk mendapatkan penyelesaian atau jalan keluarnya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Kurt Lewin, melalui 2 siklus. Metodologi penelitian meliputi jenis penelitian, setting penelitian, rancangan tindakan penelitian, indikator capaian, instrumen penelitian, teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi (pengamatan); tes; dan dokumentasi, dan teknik analisis data. Hasil penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan dua siklus di mana pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Dengan penerapan model PBL dilakukan 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan penerapan model PBL pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen ( PAK) kelas VIII di SMP Negeri 2 Sopai dapat meningkatkan hasil belajar siswa. 
Institution Info

INSTITUT AGAMA KRISTEN NEGERI TORAJA