Abstract :
Terjadi masalah pada mata pelajaran PAK kelas VIII A di SMP Kristen ditemukan bahwa keaktifan belajar siswa masih sangat rendah berdasarkan indikator keaktifan yaitu siswa terlibat dalam proses pembelajaran, memberikan pendapat dalam menyelesaikan tugas, bertanya kepada teman atau guru, berusaha mencari informasi untuk menyelesaikan tugas, melakukan tugas kelompok sesuai dengan arahan guru, mampu menilai kemampuan dirinya dalam menyelesaikan tugas, berlatih menyelesaikan tugas yang diberikan, dan mampu menerapkan hasil belajar dalam menyelesaikan tugas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe pair check pada mata pelajaran PAK untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas VIII A di SMP Kristen Kandora. Metode penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Sedangkan tahapan pengumpulan data melalui observasi lapangan, dokumentasi dan wawancara. Dari hasil penelitian yang diperoleh pada siklus 1 yaitu keaktifan belajar siswa pada kategori 4-5 sebesar 10 siswa (41,6%) hal ini belum mencapai indikator ketercapaian keberhasilan 75% sehingga dilanjutkan ke siklus II dengan melakukan perbaikan-perbaikan pada siklus II. Setelah melakukan perbaikan hasil siklus II menunjukkan bahwa siswa yang memiliki keaktifan belajar pada kategori 4-5 sebesar 79,1% yang telah mencapai ketercapaian indikator 75%.
Kata Kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe pair check, keaktifan belajar siswa.