DETAIL DOCUMENT
Penerapan Model Pembelajaran Savi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas VIIB di SMPN 2 Sopai
Total View This Week0
Institusion
INSTITUT AGAMA KRISTEN NEGERI TORAJA
Author
Toding K, Nurmaliel
Subject
LB1603 Secondary Education. High schools 
Datestamp
2024-07-30 10:02:31 
Abstract :
Pokok masalah yakni adanya masalah mengenai kurangnya keaktifan belajar siswa kelas VII B SMPN 2 Sopai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil penerapan model pembelajaran SAVI dalam pembelajaran pendidikan Agama Kristen untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas VIIB SMPN 2 Sopai. SAVI merupakan suatu model pembelajaran yang melibatkan semua panca indra siswa dalam memahami dan mendapatkan informasi atau materi, yang mana dari keempat kata yakni Somatik, Audio, Visual dan Intelektual. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model PTK Kurt Lewin. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing dengan empat tahapan, yaitu. perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan belajar siswa meningkat. Hal ini di tunjukkan dengan melihat pada pra-siklus memperoleh persentase rata-rata sebesar 50,59% dengan kategori sedang, yang kemudian Pada siklus I meningkat dengan persentase rata-rata sebesar 69,75% dengan kategori sedang, kemudian Pada siklus II keaktifan belajar siswa lebih meningkat lagi dengan memperoleh persentase rata-rata sebesar 84% dengan kategori tinggi. Kata Kunci: Model Pembelajaran SAVI, Keaktifan Belajar. 
Institution Info

INSTITUT AGAMA KRISTEN NEGERI TORAJA