DETAIL DOCUMENT
Problematika Penggunaan Strategi E-learning pada Program Studi PAK Angkatan 2020 IAKN Toraja
Total View This Week0
Institusion
INSTITUT AGAMA KRISTEN NEGERI TORAJA
Author
Dandan, Rofina
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2024-07-30 10:07:59 
Abstract :
Problematika yang dialami oleh dosen dan mahasiswa dalam pembelajaran e-learning pada program studi PAK angkatan 2020 IAKN Toraja dan solusi alternatif penanganan terhadap problematika e-learning pada program studi PAK angkatan 2020 IAKN Toraja. Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui problematika apa saja yang terjadi dalam penggunaan strategi e-learning pada program studi PAK angkatan 2020 IAKN Toraja serta solusi alternatif pada problematika yang dialami tersebut. Penulis menggunakan metode kualitatif untuk mengamati dan melakukan wawancara terhadap informan. Adapun informan yang diteliti berjumlah tiga dosen dan tujuh mahasiswa. Alasan penulis memilih tiga dosen dan tujuh mahasiswa karena dosen sebagai pendidik yang mengajar dalam bentuk e-learning memberikan data-data yang memiliki kesamaan terhadap masalah yang mereka alami dalam pembelajaran tersebut sedangkan mahasiswa sebagai pelajar adalah angkatan 2020 program studi PAK yang memberikan data-data sesuai dengan apa yang mereka alami dalam pembelajaran e-learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-learning merupakan sebuah pembelajaran yang berbasis elektronik melalui teknologi, informasi dan komunikasi dengan memanfaatkan berbagai macam metode yang ada. Adapun problematika yang ada yakni jaringan internet, aplikasi dan motivasi belajar. Adapun alternative penanganan yang dilakukan dosen yakni memberikan tugas tambahan bagi mahasiswa, mengecek kehadiran serta mengaktifkan kamera sepanjang perkuliahan sedangkan bagi mahasiswa mencari sinyal yang memadai sehingga pembelajaran dapat lancar, fokus dan disiplin dalam room serta membuat ringkasan sepanjang perkuliahan. Kata Kunci: Problematika, Strategi, E-learning, PAK 
Institution Info

INSTITUT AGAMA KRISTEN NEGERI TORAJA