DETAIL DOCUMENT
Penerapan Model Pembelajaran Inquiri untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen Kelas VIII SMPN 1 Sesenapadang.
Total View This Week0
Institusion
INSTITUT AGAMA KRISTEN NEGERI TORAJA
Author
Bonggalangi, Alfian
Subject
LB1603 Secondary Education. High schools 
Datestamp
2024-07-30 10:30:17 
Abstract :
Penerapan Model Pembelajaran Inquiri untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAK Kelas VIII.B di SMPN 1 Sesenapadang. Mengkendek: Program Studi; PAK, Fakultas; FKIPK, IAKN-Toraja. Data dikumpulkan berdasarkan angket dan pengamatan terhadap minat belajar. Tindakan dilaksanakan sebanyak dua siklus dan per siklusnya dilaksanakan sebanyak dua kali pembelajaran. Penelitian dilaksanakan di SMPN 1 Sesenapadang kelas VIII.B sebanyak 25 orang siswa di semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Proses pembelajaran dilaksanakan melalui tahapan pembelajaran inquiri yang diadaptasi dari Wina Sanjaya. Tindakan kelas dilakukan dengan membagi siswa menjadi beberapa kelompok. Berdasarkan indikator capaian yang dihitung dalam bentuk persentase, peningkatan minat belajar siswa dikatakan berhasil apabila telah mencapai persentase sebesar 76-85% dengan kategori ?baik? dan 86-100% dengan kategori ?sangat baik?. Setelah tindakan dilaksanakan maka disimpulkan bahwa penerapan inquri sangat signifikan untuk meningkatkan minat belajar siswa. Tahapan dari teori Wina Sanjaya adalah langkah-langkah inquiri yang terbukti dapat meingkatkan minat belajar siswa. Tindakan penelitian menunjukkan hasil, yaitu adanya peningkatan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAK. Penerapan model pembelajaran inquiri dapat diaplikasikan terkait peningkatan minat belajar siswa khususnya pada mata pelajaran PAK merupakan kesimpulan penelitian ini. Kata Kunci: Model Pembelajaran Inquiri, Minat Belajar Siswa 
Institution Info

INSTITUT AGAMA KRISTEN NEGERI TORAJA