Abstract :
Tasik, Nirm: 1020196819 Program Studi Pendidikan Agama Kristen, judul skripsi Analisis Peran Guru PAK Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IX Pasca Covid-19 Di SMP Kristen Sangalla. Dibawah bimbingan ibu Pebe Untung dan bapak Bartolomius Budi. Pendidikan agama Kristen hadir menjawab kebutuhan dasar manusia yang hidup dihadapan Allah dalam memikul tanggung jawab baik secara pribadi maupun bersama terhadap lingkungan alam yang Tuhan perintahkan untuk ditaklukkan. Pendidikan agama Kristen memiliki peran yang penting dalam mengajar, membina, serta membimbing. Motivasi belajar sangat besar pengaruhnya dalam proses belajar, karena adanya motivasi siswa bisa terdorong, menggerakan dan mengarahkan kegiatan belajar. Tujuan penelitian ini menganalisis peran guru pendidikan agama Kristen dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IX pasca covid-19 di SMP Kristen Sangalla. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi untuk memperoleh informasi. Hasil dari peneltian ini bahwa peran guru pendidikan agama Kristen dalam meningkatkan motivasi belajar siswa adalah guru sebagai pendidik, pelatih, pengajar, pembimbing dan sebagai motivator.
Kata kunci: Peran Guru, Pendidikan Agama Kristen, Motivasi Belajar.