Abstract :
Fitriani Tawang, 2023. Implementasi strategi inquiry dalam meningkatkan kekatifan belajar siswa kelas X dalam mata pelajaran PAK DI SMA NEGERI 2 TANA TORAJA Program studi skripsi pendidikan agama kristen, keguruan FKIPK, Institut Kristen Negeri Toraja.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas(PTK) Yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.
Masalah tindakan kelas ini adalah ??bagaimana implementasi strategi inquiry dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas X dalam mata pelajaran PAK di SMAN 2 TANA TORAJA??
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas x2 di sman 2 tana torja . Subyek penelitian ini adalah siswa kelas x2 yang terdiri dari 23 siswa, dimana 4 siswa laki-laki,dan 19 siswa perempuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi, pengamatan. Hasil data aktifitas belajar siswa dengan menggunakan strategi inquiry pada mata pelajaran pak di kelas x 2 mengalami peningkatan. Hal ini terlihat pada siklus 1 masih banyak siswa yang memperoleh kriteria sangat sedikit dan kurang, kemudian pada siklus ii dikatakan berhasil karena tidak ada lagi siswa yang memperoleh kriteria kurang aktif dan sangat kurang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi inquiry dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas x2 di SMAN 2 tana toraja.
Kata Kunci : Pembelajaran Inquiry, Aktif Belajar, Pak.