Abstract :
PRISKILA dengan NIRM 1020197259 judul skripsi Analisis Manajemen Kelas Guru PAK Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Rantepao. Di bawah bimbingan oleh Dr. Setrianto Tarrapa, M.Pd.K. dan Theo Dedy Palimbunga, M.Pd.
Kurangnya minat belajar siswa menyebabkan timbulnya tingkah laku siswa yang mengganggu proses belajar mengajar di dalam kelas. Manajemen kelas memiliki hubungan yang signifikan dengan minat belajar, di mana manajemen kelas yang menyenangkan, menarik dan tidak membosankan mendorong minat belajar tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen kelas Guru PAK dalam meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode dengan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Rantepao. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru PAK dan Siswa. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, analisis data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kelas yang dilakukan oleh Guru PAK meliputi manajemen kelas seperti pada pengelolaan fisik dan non fisik, di mana pada pengelolaan fisik yang dilakukan guru, siswa senang belajar di dalam kelas. Namun pada pengelolaan non fisik yang dilakukan guru menunjukkan belum sepenuhnya siswa berminat, hal tersebut diakibatkan dari masih kurangnya pemahaman guru tentang minat belajar siswa dan faktor lainnya.