Abstract :
Pada saat proses belajar mengajar berlangsung di UPT SMPN 2 Mengkendek khususnya kelas VIII B dijumpai ada dua segi permasalahan yaitu dari segi guru dan segi siswa. Dari segi guru, itu penulis melihat guru yang melaksanakan proses pembelajaran tidak menggunakan media, hanya disertai dengan spidol, buku cetak, papan tulis, dan guru kurang memberi variasi hanya fokus untuk pembelajaran ceramah dan pemberian tugas meskipun prasarana sudah ada. Dari segi siswa, itu kondisi belajar siswa pada saat pembelajaran atau pemberian tugas ada siswa yang tidak mengerjakannya, ada siswa merasa jenuh, ada siswa yang bermain, ada siswa yang mengantuk, ada siswa tidak fokus, dan ada siswa melamun pada saat guru menjelaskan materi. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan media video dalam pembelajaran PAK untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII B di UPT SMPN 2 Mengkendek.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Data yang dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan kuantitatif deskriptif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa dari 20 jumlah keseluruhan siswa memiliki motivasi belajar yaitu minimal 75%. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, pada siklus pertama motivasi belajar siswa yaitu 45% kemudian meningkat pada siklus kedua yaitu 85% siswa yang mengalami motivasi belajar pada kategori baik dan sangat baik. Maka demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan media pembelajaran berbasis video dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Kristen dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.