Abstract :
Penulis pada dasarnya mengkaji topik bagaimana prinsip-prinsip pedagogik dalam pendidikan anak usia dini di TK Yaspenta Tarongko dan Bagaimana implementasi prinsip-prinsip pedagogik dalam pendidikan anak usia dini di TK Yaspenta Tarongko.
Pemilihan judul ini dilatarbelakangi oleh pengamatan penulis yang melihat penerapan salah satu dari prinsip pembelajaran dalam PAUD di TK Yaspenta Tarongko yang telah mengajarkan membaca, menulis, dan berhitung kepada peserta didik secara tersendiri. Hal tersebut memperlihatkan bahwa guru perlu memahami prinsip-prinsip pembelajaran sesuai dengan tahap usia anak khususnya usia TK.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yaitu dengan mengamati dan melakukan wawancara kepada 3 orang guru di TK Yaspenta Tarongko dengan tujuan mendapatkan informasi tentang prinsip-prinsip pedagogik dan implementasinya dalam pendidikan anak usia dini di TK Yaspenta Tarongko.
Hasil wawancara, observasi, dan analisis data menunjukkan bahwa prinsip- prinsip pedagogik di TK Yaspenta Tarongko ada sembilan, dan telah diterapkan namun belum sepenuhnya dilakukan secara maksimal.