DETAIL DOCUMENT
Peningkatan Perilaku Positif Siswa Kelas VIIIB dalam Pembelajaran PAK dengan Pemeberian Reinforcement di SMP Kristen Sangalla
Total View This Week0
Institusion
INSTITUT AGAMA KRISTEN NEGERI TORAJA
Author
Mangguali, Mari
Subject
LB1603 Secondary Education. High schools 
Datestamp
2024-07-30 08:27:23 
Abstract :
Perilaku positif pada siswa SMP Kristen Sangalla khususnya kelas VIII B masih kurang, pada saat proses pembelajaran berlangsung siswa tidak mengerjakan tugas yang diberikan dan mengumpulkannya tepat waktu. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan perilaku positif siswa kelas VIII B dalam pembelajaran PAK dengan pemberian reinforcement di SMP Kristen Sangalla. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka dan studi lapangan yakni observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian reinforcement pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen Kelas VIII B SMP Kristen Sangalla dapat meningkatkan perilaku positif siswa, yakni siswa mengerjakan tugas dan mengumpulkan tugas tepat waktu, mampu mencari dan memberikan jawaban lebih dari soal yang diberikan. Hasil observasi pada siklus satu menunjukkan hasil bahwa pada pertemuan pertama sebanyak 49%, hal ini menunjukkan bahwa perilaku positif siswa masih rendah dan pada pertemuan kedua sebanyak 55% hal ini menunjukkan bahwa motivasi siswa pada pertemuan kedua mengalami peningkatan namun belum mencapai kriteria keberhasilan sehingga masih perlu perbaikan. Sedangkan hasil observasi pada siklus dua menunjukkan hasil bahwa pada pertemuan pertama sebanyak 68% dan pada pertemuan kedua sebanyak 80%, hasil ini menunjukkan bahwa perilaku positif siswa sudah baik sehingga tidak perlu lagi diadakan perbaikan. 
Institution Info

INSTITUT AGAMA KRISTEN NEGERI TORAJA