DETAIL DOCUMENT
Implementasi Model Kooperatif Tipe Windows Shopping untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Kelas VIIIC SMP Kristen Kandora
Total View This Week0
Institusion
INSTITUT AGAMA KRISTEN NEGERI TORAJA
Author
Parai', Nelsi
Subject
LB1603 Secondary Education. High schools 
Datestamp
2023-10-11 07:15:57 
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan kolaborasi siswa ketika belajar secara kelompok. Ketika proses pembelajaran kelompok siswa sulit bekerja sama, tidak mandiri mencari jawaban, sibuk bermain dan bercerita bahkan saling mengharapkan jawaban. Untuk menyelesaikan masalah tersebut peneliti mengimplementasikan model kooperatif tipe windows shopping dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas pada kelas VIIIC SMP Kristen Kandora, dengan menerapkan dua siklus yang terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Proses pengumpulan data menggunakan wawancara, lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian pra siklus diperoleh presentasi keterampilan kolaborasi sebesar 27,27% yang berada pada kategori baik dan sangat baik. Pada siklus I berdasarkan indikator keterampilan kolaborasi yaitu berkontribusi secara aktif, bekerja secara produktif, menunjukkan fleksibel, menunjukkan sikap tanggung jawab dan sikap menghargai, keterampilan kolaborasi siswa pada kategori baik hingga sangat baik sebesar 42,85% belum mencapai indikator keberhasilan 75%. Selanjutnya hasil penelitian siklus II keterampilan kolaborasi mencapai indikator keberhasilan sebesar 80,95%. Dengan demikian disimpulkan bahwa implementasi model kooperatif tipe windows shopping dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa kelas VIIIC SMP Kristen Kandora. 
Institution Info

INSTITUT AGAMA KRISTEN NEGERI TORAJA