DETAIL DOCUMENT
Penerapan Metode Pembelajaran Example Non Example dalam Mata Pelajaran PAK untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas VIII B di SMPN Satap 2 Sangalla
Total View This Week0
Institusion
INSTITUT AGAMA KRISTEN NEGERI TORAJA
Author
Sarira, Anugrawati
Subject
LB1603 Secondary Education. High schools 
Datestamp
2024-07-30 08:34:20 
Abstract :
Topik tentang ?Penerapan Metode Example Non Example Dalam Mata Pelajaran PAK untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas VIII B Di SMPN Satap 2 Sangalla?? Bertitik tolak dari permasalahan yaitu kurangnya keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PAK dimana siswa tidak antusias dalam mengikuti pembelajaran, tidak memiliki keberanian untuk mengajukan pertanyaan, tidak berani dalam menjawab pertanyaan dan tidak aktif dalam melakukan diskusi kelompok, maka dirumuskan tujuan penelitian ini yaitu untuk menerapkan metode pembelajaran Example Non Example pada mata pelajaran PAK dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas VIII B di SMPN Satap 2 Sangalla?. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan metode penelitian tindakan kelas. Hasil penelelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan pra siklus keaktifan belajar siswa 7,69%, kemudian pada siklus I telah mengalami peningkatan yaitu 50%, kemudian pada siklus II dengan keaktifan belajar siswa 96,15%. Hal ini menggambarkan bahwa metode Example Non Example merupakan metode pembelajaran yang efektif digunakan dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa. 
Institution Info

INSTITUT AGAMA KRISTEN NEGERI TORAJA