Abstract :
Efendi Desayo (1020196921) menyusun skripsi dengan judul ?Efektifitas Implementasi Pembelajaran Partisipatif pada Pendidikan Agama Kristen dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IPA 7 SMAN 1 Tana Toraja". Di bawah bimbingan Dr. Setrianto Tarrapa dan Anissa Citra Paonganan, M.Pd.
Penelitian ini dilatarbelakangi menurunnya prestasi belajar yang disebabkan kurangnya tindakan aktif siswa dalam pembelajaran. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil belajar siswa dengan model pembelajaran partisipatif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 7 yang berjumlah 11 orang. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa dari siklus I secara umum pada aspek kognitif 36,36%, afektif (spiritual 63,63% dan sosial 54,55%) dan psikomotorik 45,45% Dan pada siklus II pada aspek kognitif meningkat menjadi 90,91% , afektif (spiritual 90,91% dan soaial 100%) dan Psikomotorik 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran partisipatif dalam pembelajaran dapat meningkatkan prestasi belajar siswa SMAN 1 Tana Toraja.
Kata Kunci : Prestasi/hasil Belajar, XI IPA 7, Model Pembelajaran Partisipatif.
File :
hasil cek plagiasi LP2M efendi desayo_111700.pdfskripsi, efendi desayo, bab 1_111217.pdfskripsi, efendi desayo, bab 2_111313.pdfskripsi, efendi desayo, bab 3_111409.pdfskripsi, efendi desayo, bab 4_111448.pdfskripsi, efendi desayo, bab 5_111528.pdfskripsi, efendi desayo daftar pustaka_111613.pdf