DETAIL DOCUMENT
Efektivitas Implementasi Pembelajaran Partisipasif pada Pendidikan Agama Kristen dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IPA 7 SMAN 1 Tana Toraja.
Total View This Week0
Institusion
INSTITUT AGAMA KRISTEN NEGERI TORAJA
Author
Desayo, Efendi
Subject
LB2300 Higher Education 
Datestamp
2023-10-10 10:09:36 
Abstract :
Efendi Desayo (1020196921) menyusun skripsi dengan judul ?Efektifitas Implementasi Pembelajaran Partisipatif pada Pendidikan Agama Kristen dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IPA 7 SMAN 1 Tana Toraja". Di bawah bimbingan Dr. Setrianto Tarrapa dan Anissa Citra Paonganan, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi menurunnya prestasi belajar yang disebabkan kurangnya tindakan aktif siswa dalam pembelajaran. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil belajar siswa dengan model pembelajaran partisipatif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 7 yang berjumlah 11 orang. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa dari siklus I secara umum pada aspek kognitif 36,36%, afektif (spiritual 63,63% dan sosial 54,55%) dan psikomotorik 45,45% Dan pada siklus II pada aspek kognitif meningkat menjadi 90,91% , afektif (spiritual 90,91% dan soaial 100%) dan Psikomotorik 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran partisipatif dalam pembelajaran dapat meningkatkan prestasi belajar siswa SMAN 1 Tana Toraja. Kata Kunci : Prestasi/hasil Belajar, XI IPA 7, Model Pembelajaran Partisipatif. 
Institution Info

INSTITUT AGAMA KRISTEN NEGERI TORAJA