DETAIL DOCUMENT
Penerapan Model Pembelajaran Scramble untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas III pada Mata Pelajaran PAK di SDN 5 Rindingallo
Total View This Week0
Institusion
INSTITUT AGAMA KRISTEN NEGERI TORAJA
Author
Ponno, Alfrida Taruk
Subject
LB1501 Primary Education 
Datestamp
2024-07-30 08:39:19 
Abstract :
Alfrida Taruk Ponno, 1020197188 ? Penerapan model pembelajaran Scramble untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas III pada mata pelajaran PAK di SDN 5 Rindingallo.Pembimbing: Novita Toding, M.Pd dan Pebe Untung, M.Pd. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya motivasi belajar siswa saat pembelajaran berlangsungsehingga dari hal tersebut penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran scramble untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran PAK. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi. Dalam hal ini teknik analisis data yang dilakukan ialah (1) reduksi data (2) penyajian data (3) menarik kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan motivasi belajar siswa. Pada pra siklus sebesar 56%, ke siklus I pertemuan 1 sebanyak 63%, lalu ke pertemuan 2 mencapai 71%, hal ini mengalami peningkatan dari pra siklus ke siklus I. Kemudian pada siklus II meningkat 79% dan telah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan oleh peneliti. 
Institution Info

INSTITUT AGAMA KRISTEN NEGERI TORAJA