Abstract :
Jubrianto: 1020185790, Analisis Penanganan Siswa Yang Kecanduan Game Online Melalui Pembelajaran PAK Pada Kelas IV di SDK 015 Lisuan Ada? (Dibimbing oleh Dr. I Made Suardana, M.Th dan Febrianty, S.Km, M.Kes).
Game online merupakan jenis situs yang menyediakan berbagai jenis pemainan yang dapat melibatkan beberapa orang pengguna internet di berbagai tempat yang berbeda untuk saling terhubung diwaktu yang sama. Game online memiliki kecenderungan membuat pemainnya kecanduan. Kecanduan game online dapat dikatakan sebagai virus yang menyebar secara cepat dikalangan anak-anak sekolah. Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui penanganan siswa yang kecanduan game online melalui pembelajaran PAK pada kelas IV di SDK 015 Lisuan Ada?. Penelitian ini menggunakan teknik kualitatif dengan metode yang bersifat deskriptif analisis. Hasil penelitian menunjukakan bahwa awal siswa kecanduan game online pada kelas IV di SDK 015 Lisuan Ada? adalah dorongan dalam diri siswa untuk bermain game online, siswa sering bermain dengan temannya, kemudian beberapa siswa dibelikan handphone dari orangtua, kurangnya pengawasan orangtua, bekerja sama dengan teman-teman yang lain untuk membeli data. Upaya yang dilakukan guru PAK dalam menangani siswa yang kecanduan game online pada kelas IV di SDK 015 Lisuan Ada? adalah memberikan pendampingan dan penanganan melalui pembelajaran PAK.