DETAIL DOCUMENT
Implementasi Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran PAK di SMP Kristen Kandora Kecamatan Mengkendek Kabupaten Tana
Total View This Week0
Institusion
INSTITUT AGAMA KRISTEN NEGERI TORAJA
Author
Bangapadang, Pratiwi
Subject
LB1603 Secondary Education. High schools 
Datestamp
2024-07-30 09:42:06 
Abstract :
Pratiwi Bangapadang, Implementasi Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran PAK di SMP Kristen Kandora Kecamatan Mengkendek Kabupaten Tana Toraja (dibimbing oleh Alfrida Lembang dan Yelinda Sri Silvia). Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan strategi pembelajaran Kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Kristen siswa kelas VHI C SMP Kristen Kandora. Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan melalui empat siklus yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat dijelaskan sebagai berikut : 1) terdapat peningkatan motivasi belajar siswa, ini bisa dibuktikan bahwa pada siklus I terdapat 77% siswa dalam kelas yang motivasinya tergolong baik dan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 100%. 2) terdapat peningkatan hasil belajar siswa. Terbukti pada siklus I terdapat 82% siswa dalam kelas yang mencapai nilai KKM yaitu 75 dan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 100%. 

Institution Info

INSTITUT AGAMA KRISTEN NEGERI TORAJA