Abstract :
Siska Damayanti, 20123452, tahun 2016 Jurusan Pendidikan Agama Kristen. Skripsi ini beijudul ?Kajian Teologis Tentang Gum PAK dalam Mengembangkan Kompetensi Pedagogik di SDN 137 Sampean, Kecamatan Mengkendek, Kabupaten Tana Toraja?. Pembimbing Djidon Lamba?, S. Th., M.Pd.K dan Hermin Bollan, S. Th, M. Pd. Dalam penelitian ini penulis mengkaji tentang ?Kajian Teologis Tentang Gum PAK dalam Mengembangkan Kompetensi pedagogik di SDN 137 Sampean?. Hal ini berangkat dari kenyataan bahwa pengembangkan kompetensi pedagogik gum PAK sangat berperan untuk membangkitkan minat belajar peserta didik dalam mengikuti pelajaran. Kompetensi pedagogik adalah mempakan kemampuan dan kewenangan gum dalam melaksanakan profesi kegumannya yang bersifat mendidik. Kompetensi pedagogik yang wajib dimiliki seorang gum PAK yaitu pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Karena dengan memiliki kompetensi- kompetensi tersebut maka gum PAK dapat melangsungkan proses mengajar dengan baik di sekolah. Judul ini dipilih atas dasar bahwa dalam mengembangkan kompetensi gum PAK di dukung dan di hambat oleh beberapa faktor karena itu tujuan kajian teologis pedagogik dalam judul ini untuk mengetahui sikap dan upaya secara teologis dan secara pedagogik yang perluh dimiliki dan dilakukan oleh gum-gum PAK sehingga mampu mengembangkan kompetensinya dengan baik di sekolah.
Untuk mencapai tujuan di atas maka penulis menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data: wawancara, observasi, dan kajian pustaka. Serta kenik analisis data meliputi: mereduksi data, display data, interpretasi data, dan analisis data. Jumlah informan yang diteliti adalah 1 orang gum PAK, 1 orang Kepala Sekolah, dan 2 orang gum umum di SDN 137 Sampean. Hasil wawancara dengan informan yang kemudian membantu penulis untuk menganalisis.
Dalam hasil penelitian membuktikan bahwa pengembangan kompetensi pedagogik gum PAK di sekolah sangat berpengaruh bagi peningkatan belajar peserta didik dalam belajar, baik secara teori maupun praktek atau sikap dan tingkah laku. Peranan gum sebagai pengajar, pembimbing dan pendidik mempakan faktor penentu bagi kesuksesan peserta didik dalam menciptakan dirinya sebagai anak yang baik dan berprestasi serta menjadi panutan bagi orang lain. Sehamsnya gum PAK untuk lebih meningkatkan kompetensi yang dimiliki maka gum PAK hendaknya membagikan atau mempraktekan kepada peserta didiknya apa yang sudah diterima lewat kegiatan tersebut, sehingga kompetensinya semakin kelihatan.