Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang ditemukan penulis bahwa dalam proses pembelajaran dilihat bahwa kemampuan kognitif siswa kurang optimal ditandai dengan ketika siswa ditanya sekaitan dengan materi yang diajar maka siswa tidak dapat menjawab pertanyaan tersebut inilah yang membuat kemampuan kognitif siswa kurang berkembang, oleh sebab itu peneliti ingin menerapkan suatu model pembelajaran khususnya dalam pembelajaran pendidikan agama Kristen dengan model picture and picture.
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk meningkatkan Kognitif siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Kristen melalui penerapan model Picture and Picture yang dilakukan selama dua siklus. Adapun jenis penelitian yang diterapkan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah siswa kelas I SDN 7 Makale Utara yang berjumlah 27 siswa. Hasil yang diperoleh menunjukan peningkatan kemampuan kognitif siswa sesudah diterapkan model picture and picture hal tersebut ditunjukan melalui hasil belajar siswa yang meningkat dari siklus I ke siklus II. Peningkatan hasil belajar siswa tersebut membuktikan bahwa penerapan model picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari segi kognitif mereka khususnya pada mata pelajaran pendidikan agama Kristen.
Kata Kunci : Model Picture and Picture, Kemampuan Kognitif, Pendidikan Agama Kristen.