DETAIL DOCUMENT
Menurunnya Motivasi Belajar Mahasiswa Pastoral Konseling di IAKN Toraja Ditinjau dari Pendekatan Belajar Skinner
Total View This Week0
Institusion
INSTITUT AGAMA KRISTEN NEGERI TORAJA
Author
Risal, Risal
Subject
BR Christianity 
Datestamp
2024-02-21 21:35:58 
Abstract :
Risal (2220196722) menyusun Skripsi ini dengan judul Menurunnya Motivasi Belajar Mahasiswa Prodi Pastoral Konseling di IAKN Toraja Ditinjau Dari Pendekatan Belajar Skinner. Skripsi ini diangkat berdasarkan latar belakang masalah menurunnya motivasi belajar mahasiswa, di mana perilaku mahasiswa tidak tertarik pada tugas dan materi perkuliahan, menunda-nunda mengerjakan tugas, mengharapkan teman dalam mengerjakan tugas, tidak bisa mempertahankan pendapatnya, dan tidak aktif dalam proses perkuliahan. Perilaku mahasiswa tersebut bertolak belakang dengan perkembangan mahasiswa, di mana pada tahap tersebut, mahasiswa memiliki kematangan dalam berpikir dan berperilaku sesuai dengan karakter kaum intelektual itu sendiri. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis menurunnya motivasi belajar mahasiswa Prodi Pastoral Konseling di IAKN Toraja ditinjau dari pendekatan belajar Skinner. Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data melalui teknik wawancara dan observasi, selanjutnya dianalisis dengan tahap reduksi, display data, dan interpretasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa, menurunnya motivasi belajar mahasiswa Prodi Pastoral Konseling, dapat dilihat dari perilaku tidak memiliki ketekunan dalam mengerjakan tugas, cepat putus asa dalam mengerjakan tugas, tidak memiliki minat pada tugas dan materi perkuliahan, mengandalkan orang lain dalam mengerjakan tugas, tidak dapat mempertahankan dan mempertanggung jawabkan pendapatnya, serta tidak aktif dalam proses perkuliahan. Perilaku tersebut diakibatkan oleh faktor lingkungan sekitar mahasiswa maupun dari dalam diri mahasiswa itu sendiri. Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa dapat mempertahankan bahkan meningkatkan perilakunya akibat mendapatkan stimulus yang menyenangkan (penguatan positif), yaitu rekreasi bersama teman, perasaan senang dalam menggunakan gadget, pikirannya tidak terbebani oleh tugas membuat mahasiswa tidak memiliki ketekunan dalam belajar dan mengandalkan orang lain dalam mengerjakan tugas. Selain itu, mahasiswa mendapatkan stimulus yang tidak menyenangkan membentuk perilaku yang tidak diinginkan yaitu cepat putus asa dalam mengerjakan tugas, tidak tertarik pada tugas dan materi perkuliahan, tidak dapat mempertahankan dan mempertanggung jawabkan pendapatnya, dan tidak aktif dalam perkuliahan (penguatan negatif dan hukuman). Kata kunci: Motivasi Belajar, Pendekatan Belajar Skinner Abstract Risal (2220196722) prepared this thesis with the title Declining Learning Motivation of Students in the Pastoral Counseling Study Program at IAKN Toraja Seen from Skinner's Learning Approach. This thesis was raised based on the background of the problem of decreasing student motivation to learn, where student behavior is not interested in assignments and lecture material, procrastinates doing assignments, expects friends to do assignments, cannot defend their opinions, and is not active in the lecture process. This student behavior is in contrast to student development, where at that stage, students have maturity in thinking and behaving in accordance with the character of the intellectuals themselves. The aim of this research is to analyze the decline in learning motivation of students in the Pastoral Counseling Study Program at IAKN Toraja in terms of Skinner's learning approach. Researchers used qualitative methods with a phenomenological approach. Data were collected through interview and observation techniques, then analyzed using reduction, data display and interpretation stages. The results of the research state that the decline in learning motivation of students in the Pastoral Counseling Study Program can be seen from the behavior of not having perseverance in doing assignments, quickly giving up when doing assignments, not having interest in assignments and lecture material, relying on other people to do assignments, being unable to maintain and be responsible for their opinions, and not be active in the lecture process. This behavior is caused by environmental factors around the student as well as within the student himself. The conclusion in this research shows that students can maintain and even improve their behavior as a result of receiving pleasant stimuli (positive reinforcement), namely recreation with friends, feeling happy when using gadgets, their minds are not burdened by tasks, making students less persistent in studying and relying on other people to do it. carry out a task. Apart from that, students receive unpleasant stimuli that form undesirable behavior, namely quickly giving up on assignments, not being interested in assignments and lecture material, not being able to defend and be accountable for their opinions, and not being active in lectures (negative reinforcement and punishment). Keywords: Learning Motivation, Skinner's Learning Approach 
Institution Info

INSTITUT AGAMA KRISTEN NEGERI TORAJA