DETAIL DOCUMENT
Kecerdasan Interpersonal AnaIisis Tentang Peran Guru Dalam Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas V Lewat Metode Pembelajaran Di SDN 002 To’katimbang
Total View This Week0
Institusion
INSTITUT AGAMA KRISTEN NEGERI TORAJA
Author
Pata’dungan, Yafet
Subject
LB1603 Secondary Education. High schools 
Datestamp
2024-02-22 14:56:44 
Abstract :
Yafet pata?dungan: 20113277 tahun 2018 menyusun skripsi yang berjudul Kecerdasan Interpersonal, dengan subjudul: ?Peran Guru dalam Mengembangkan Kecerdasan Iterpersonal Siswa Kelas V Lewat Metode Pembelajaran di SDN 002 To?katimbang?. Skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal siswa kelas V di SDN 002 To?katimbang. Pembimbing Penulis pada dasarnya mengkaji topik bagaimana peran guru dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal dan metode yang digunakan dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal siswa. Apakah peran guru dalam proses pembelajaran telah diterapkan sehingga dapat mengembangkan kecerdasan siswa lewat metode pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yaitu dengan mengamati dan melakukan wawancara kepada 2 orang guru kelas V dan 8 orang siswa dengan tujuan mendapatkan informasi tentang peran guru dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal siswa kelas V lewat metode pembelajaran. Pada dasarnya, peran guru dalam proses belajar mengajar ialah sebagai ?Director of Learning? atau sebagai pemimpin. Artinya bahwa setiap guru diharapkan untuk mampu mengarahkan kegiatan belajar siswa agar mencapai keberhasilan belajar. Peran guru ialah sebagai pendidik, sebagai pembimbing, sebagai pengajar, dan sebagai penerjamah. Jadi dalam mengembangkan kecerdasan serta hubungsn interaksi antar siswa, maka guru wajib berperan peran penting di dalamnya, agar suasana pembelajaran semakin harmonis dan tercipta dengan baik 

Institution Info

INSTITUT AGAMA KRISTEN NEGERI TORAJA