DETAIL DOCUMENT
Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VII pada Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di SMPN 3 Gandangbatu Sillanan
Total View This Week0
Institusion
INSTITUT AGAMA KRISTEN NEGERI TORAJA
Author
Dongga', Yosafat
Subject
LB1603 Secondary Education. High schools 
Datestamp
2024-02-18 09:35:40 
Abstract :
Yosafat Dongga? (1020196957) dengan judul Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas VII pada pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di SMPN 3 Gandangbatu Sillanan. Di bawah bimbingan Dr. Selvianti M.Th., Yanni Paembonan M.Pd.K. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan model pembelajaran Creative Problem Solving untuk meningkatkan minat belajar peserta didik kelas VII pada pembelajaran Pendidikan agama Kristen di SMPN 3 Gandangbatu Sillanan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus, lokasi penelitian di SMPN 3 Gandangbatu Sillanan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi eksperiencing, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran CPS dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas VII pada pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di SMPN 3 Gandangbatu Sillanan, penerapannya dengan menggunakan media cerita inspiratif dan media video visual. Dapat dilihat dari data yang telah dipaparkan dari pra siklus ke siklus 1 yaitu 29% meningkat ke 41% dengan selisi 12% dan dari siklus 1 ke siklus 2 yaitu 41% meningkat ke 88% dengan selisi 47%. Kata kunci : Penerapan Model pembelajaran CPS, Minat belajar, PAK, Siswa 
Institution Info

INSTITUT AGAMA KRISTEN NEGERI TORAJA