DETAIL DOCUMENT
Perancangan Kampanye Sosial Tertibkan Tarif Parkir Ilegal di Kota Yogyakarta
Total View This Week0
Institusion
Institut Seni Indonesia Yogyakarta
Author
Fuadi, Puput
Subject
Disain Komunikasi Visual 
Datestamp
2021-09-22 04:28:29 
Abstract :
"Perancangan Kampanye Sosial ini mencoba menyampaikan pesan dengancara menyesuaikan obyek perancangan dengan gaya hidup dan keseharian Target Audience. Perancangan ini menggunakan metode analisis Target Audience yang meliputi Personifikasi Target Audience, Consumer Journey, Consumer Insight serta dipertajam dengan 5W + 1H (What, Who, Why, Where, When, dan How). Kegiatan kampanye ini tidak berhenti pada kontak media kampanye saja, namun memberi dampak dan berlanjut pada keseharian Target Audience. Lewat perancangan ini, dapat membuka wawasan secara detail bagaimana mendekatkan diri dan mempelajari perilaku dari Target Audience yang ada di Kota Yogyakarta. Target Audience dijadikan sumber utama dalam melakukan analisis untuk mewujudkan konsep media dan konsep kreatif dari media-media kampanye yang nantinya akan digunakan. Sehingga media-media yang terpilih dapat bersinergi dengan gaya hidup dan keseharian Target Audience. Disain Komunikasi Visual (DKV) memiliki kontribusi yang besar dalam pembelajaran dan penerapan ilmu dalam dunia nyata. Dalam keilmuan DKV tidak lepas dari keberadaan masyarakat. Masyarakat menjadi bagian yang nyata dalam menyampaikan dan menerima pesan verbal dan visual melalui media-media yang digunakan. Melalui media DKV, sikap dan gaya hidup dari Target Audience dapat dirubah. Oleh karena itu, ilmu DKV mengajarkan berbagai bahasa visual yang dapat digunakan untuk menerjemahkan pikiran, pola dan tingkah laku Target Audience dalam bentuk visual." 
Institution Info

Institut Seni Indonesia Yogyakarta