DETAIL DOCUMENT
Studi Makna Konotasi Iklan Luar Ruang Rokok Produk Pt. Djarum: Kajian Semiotika Iklan Luar Ruang dengan Media Billboard Produk PT. Djarum Di Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta
Total View This Week0
Institusion
Institut Seni Indonesia Yogyakarta
Author
Hapsari, Mirah
Subject
Disain Komunikasi Visual 
Datestamp
2021-09-22 07:19:39 
Abstract :
Penelitian Studi Makna Konotasi Iklan Luar Ruang Produk PT.Djarum (Kajian Semiotika Ikan Luar Ruang dengan Media Billboard Produk PT.Djarum Di Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta) ini berusaha mengetahui makna konotasi yang terkandung dalam pesan iklan produk PT.Djarum pada media billboard. Berdasarkan pengamatan, setiap produk mempunyai target audience masing-masing, sehingga memiliki bahasa penyampaian, isi pesan dan visualisasi yang berbeda. Setiap pesan iklan memiliki tanda verbal dan tanda visual yang memiliki makna konotasi. Sehingga dalam hal inilah kiranya perlu dilakukan sebuah penelitian yang meneliti lebih jauh mengenai makna konotasi dalam pesan iklan yang disampaikan PT. Djarum pada target audiencenya. Untuk membedah makna konotasi tersebut maka teori yang digunakan dalam analisis ini adalah teori Semiotika Komunikasi Visual didukung dengan teori Desain Komunikasi Visual, teori Periklanan, teori Billboard dan Copywriting. Teori dan pengetahuan pendukung tersebut digunakan sebagai alat meneiti makna konotasi yang terdapat pada tanda verbal dan tanda visual pada pesan iklan dalam media billboard produk PT. Djarum. Melalui deskripsi dan analisis hasil penelitian ini akhirnya diketahui bahwa terdapat berbagai makna konotasi yang terkandung pada tanda verbal dan tanda visual pesan iklan media billboard produk PT. Djarum. Terdapat hubungan yang erat dan tidak terpisahkan antara tanda verbal, tanda visual dan makna konotasinya. 
Institution Info

Institut Seni Indonesia Yogyakarta