Abstract :
Paduan suara mahasiswa Ahda Gitana merupakan salah satu paduan suara
mahasiswa yang ada di Yogyakarta. Mayoritas anggota paduan suara
mahasiswa ahda gitana berasal dari kalangan mahasiswa yang tidak
mempelajari musik secara formal, selain itu rata-rata anggota paduan suara
mahasiswa ahda gitana masih minim pengalaman dalam bernyayi pada suatu
kelompok paduan suara. Namun pada tahun 2018 dan 2019, paduan suara
mahasiswa ahda gitana mengalami peningkatan prestasi dibanding pada
tahun sebelumnya dengan mendapatkan medali perak pada lomba paduan
suara UGM tingkat nasional, melihat dari peningkatan prestasi tersebut
peneliti mempunyai ketertarikan dan tujuan untuk mengetahui lebih jauh
tentang bagaimana pembelajaran yang diterapkan oleh paduan suara
mahasiswa ahda gitana. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian
ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dimana
peneliti melakukan eksplorasi secara mendalam terhadap program, kejadian,
proses, aktivitas, terhadap satu orang atau lebih. Teknik pengumpulan data
menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, setelah itu peneliti
melakukan analisis data, proses analisis data dimulai dari persiapan dan
pengorganisasian data melalui reduksi data, penyanjian data, dan penarikan
kesimpulan. Hasil penelitian dan pembahasan yang didapatkan yaitu proses
pembelajaran yang diterapkan oleh paduan suara mahasiswa ahda gitana.
Proses pembelajaran tersebut meliputi kelas teori musik (one day training),
latihan seksional, latihan gabungan, dan konser. Dalam pembahasannya
terdapat empat metode pembelajaran yang diterapkan di paduan suara
mahasiswa ahda gitana yaitu metode demonstrasi, metode ceramah, metode
imitasi, dan juga metode drill. Selain itu vokalisi yang dilakukan dalam
pembelajaran paduan suara mahasiswa ahda gitana menerapkan tiga aspek,
yakni aspek pernafasan, aspek artikulasi, dan juga aspek interval