Abstract :
Tujuan dari penelitian ini yakni untuk memahami dan melihat bagaimana
penerapan metode pembelajaran kooperatif jigsaw learning dan segi manfaat
pada peningkatan keaktifan belajar dan sebagai pertumbuhan rasa sosial
dalam diri peserta didik pada mata pelajaran seni budaya khususnya seni
musik. Mengenai penelitian ini penulis menggunakan teori pembelajaran,
wawancara dengan guru seni budaya, hasil dari belajar siswa, model
pembelajaran kooperatif, dan jigsaw learning. Penelitian ini juga mengamati
tentang mata pelajaran Seni Budaya khususnya Seni Musik. Penelitian ini
menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research)
yang dilakukan dua siklus mengggunakan metode penelitian deskriptif dan
pendekatan kualitatif. Hasil akhir penelitian dan bahasan ditemukan dan
disimpulkan bahwa pertama, metode Jigsaw adalah penerapan pembelajaran
dengan menumbuhkan kerja sama sesama peserta didik kelas XI MIPA 4 SMA
Negeri 5 Surakarta dengan membuat kelompok ahli dan menumbuhkan
keaktifan siswa kepada guru maupun dengan teman-teman satu kelas; yang
kedua; penerapan metode jigsaw learning dapat memajukan perkembangan
rasa sosial peserta didik sehingga suasana kelas menjadi semakin efektif dan
peserta didik secara aktif menjadi bertanggung jawab pada teman-teman
satu kelompoknya dalam materi pengenalan genre musik dan keberagaman
musik nusantara.