DETAIL DOCUMENT
Penerapan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw Learning Dalam Pembelajaran Seni Musik di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Surakarta
Total View This Week0
Institusion
Institut Seni Indonesia Yogyakarta
Author
Purwantiningsih, Lintang
Subject
Seni Musik 
Datestamp
2021-11-15 05:08:38 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini yakni untuk memahami dan melihat bagaimana penerapan metode pembelajaran kooperatif jigsaw learning dan segi manfaat pada peningkatan keaktifan belajar dan sebagai pertumbuhan rasa sosial dalam diri peserta didik pada mata pelajaran seni budaya khususnya seni musik. Mengenai penelitian ini penulis menggunakan teori pembelajaran, wawancara dengan guru seni budaya, hasil dari belajar siswa, model pembelajaran kooperatif, dan jigsaw learning. Penelitian ini juga mengamati tentang mata pelajaran Seni Budaya khususnya Seni Musik. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan dua siklus mengggunakan metode penelitian deskriptif dan pendekatan kualitatif. Hasil akhir penelitian dan bahasan ditemukan dan disimpulkan bahwa pertama, metode Jigsaw adalah penerapan pembelajaran dengan menumbuhkan kerja sama sesama peserta didik kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 5 Surakarta dengan membuat kelompok ahli dan menumbuhkan keaktifan siswa kepada guru maupun dengan teman-teman satu kelas; yang kedua; penerapan metode jigsaw learning dapat memajukan perkembangan rasa sosial peserta didik sehingga suasana kelas menjadi semakin efektif dan peserta didik secara aktif menjadi bertanggung jawab pada teman-teman satu kelompoknya dalam materi pengenalan genre musik dan keberagaman musik nusantara. 
Institution Info

Institut Seni Indonesia Yogyakarta