DETAIL DOCUMENT
Perbandingan Hasil Pembelajaran Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kontrapung Menggunakan Pendekatan Free Counterpoint Dan Strict Counterpoint
Total View This Week0
Institusion
Institut Seni Indonesia Yogyakarta
Author
Larawona, Benedicta Widyananda
Subject
Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik) 
Datestamp
2021-11-20 06:48:04 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui hasil pembelajaran kontrapung dengan menggunakan pendekatan free counterpoint dan strict counterpoint. Penelitian ini dilakukan di Program Studi S-1 Musik dan Program Studi S-1 Pendidikan Musik, Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data penelitian ini didapat dari jasil observasi, wawancara dan studi pustaka selama proses pembelajaran Kontrapung berlangsung. Hasil penelitian menunjukan bahwa Prodi S-1 Musik menggunaka pendekatan free counterpoint lebih mengarah kepada kebebasan dalam membuat melodi kontrapung. Prodi S-1 Pendidikan Musik menggunakan pendekatan strict counterpoint lebih mengarah kepada aturan dasar kontrapung yang kuat sehingga struktur melodinya kaku. Pendekatan free counterpoint memiliki delapan step sedangkan pendekatan strict counterpoint menggunakan metode species counterpoint dan memiliki lima species. Hasil pembelajaran Kontrapung dari kedua Prodi tersebut diperoleh dari hasil akumulasi nilai tugas, latihan, presensi dan tugas akhir Penggunaan metode free counterpoint dan strict counterpoint merupakan cara untuk menjelaskan bagaimana membuat melodi kontrapung sesuai dengan aturan pada masing-masing pendekatan. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara kepada pengajar mata kuliah Kontrapung menjelaskan bahwa mahasiswa cukup aktif dalam pemnelajaran dan dapat memahami materi yang disampaikan. 
Institution Info

Institut Seni Indonesia Yogyakarta