DETAIL DOCUMENT
Analisis Segmentasi, Targeting dan Positioning Animasi Nussa Official di Youtube
Total View This Week0
Institusion
Institut Seni Indonesia Yogyakarta
Author
Maria, Maria
Subject
Penciptaan dan pengkajian seni 
Datestamp
2022-02-23 04:16:00 
Abstract :
Produksi animasi sedang berkembang di Indonesia. Bahkan Pemerintah Indonesia mendukung meningkatkan industri kreatif karya anak bangsa Indonesia seperti produksi karya animasi. Salah satu karya animasi yang sedang terkenal adalah Nussa dan Rara oleh Nussa Official di YouTube, diproduksi oleh The Little Giantz. Nussa Official ini baru aktif di Youtube pada tahun November 2018, dan saat ini sudah memiliki subscribers dan penonton (viewers) yang termasuk tinggi di Indonesia. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis segmentasi penonton, Targeting dan Positioning Nussa Official di YouTube. Penelitian ini nantinya akan bermanfaat bagi para pencipta dan pengelola karya animasi khususnya. Dan juga dapat menjadi referensi bagi peneliti yang memerlukan dan membahas topik segmentasi dan targeting penonton dan positioning. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan melakukan wawancara terhadap beberapa narasumber stakeholder eksternal yaitu penonton umum dan penonton ahli di bidang animasi, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah segmentasi penonton Nussa terbagi yaitu penonton Primer, Sekunder dan Umum. Target pasar dari Nussa Official di YouTube adalah anak-anak yang suka menonton animasi dan orangtua yang ingin memberikan tontonan edukasi ke anak. Posisi perusahaan pada produk yaitu animasi 3 Dimensi yang bersaing di Indonesia pada karya animasi yang berkualitas dan cerita yang edukatif serta menghibur penonton. 
Institution Info

Institut Seni Indonesia Yogyakarta