Abstract :
Pembelajaran di SMP Negeri 1 Sewon memiliki kendala pada mata
pelajaran tari yang ditemukan pada salah satu kelas. Terdapat kelas yang terlihat
kurang aktif dalam proses pembelajaran tari sehingga peneliti ingin menerapkan
metode Picture and Picture pada pembelajaran tari. Metode Picture and Picture
merupakan metode yang menggunakan alat bantu media gambar untuk
menerangkan atau menjelaskan materi. Metode pembelajaran ini mengutamakan
adanya kelompok-kelompok untuk mengurutkan gambar menjadi urutan yang
benar.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran menggunakan
metode Picture and Picture dan mengetahui adanya perubahan dalam
pembelajaran tari di dalam kelas VII D SMP Negeri 1 Sewon.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif.Teknik
pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi.Teknik validasi
yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Triangulasi
sumber dalam penelitian ini dengan cara mengecek sumber data dari berbagai
siswa dan guru seni budaya, dalam hal ini terdapat siswa yang dijadikan sumber
data dan guru seni budaya. Triangulasi teknik mengecek kebenaran data dari
wawancara, observasi dan dokumentasi.Kemudian data yang diperoleh diolah dan
dianalisa dengan tahap reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran tari dengan
menggunakan metode Picture and Picture di kelas VII D berlangsung dengan
kondusif. Para siswa mengalami peningkatan nilai dan menunjukkan banyak
interaksi dari yang semula pasif karena pembelajaran daring menjadi aktif dengan
menggunakan metode Picture and Picture.Nilai rata rata yang dihasilkan siswa
juga terlihat meningkat yaitu dari 89,3 menjadi 91,2