DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Metode Dalcroze Terhadap Peningkatan Kemampuan Mendeteksi Nada dan Ritme Siswa kelas V SD Kanisius Wates Yogyakarta
Total View This Week0
Institusion
Institut Seni Indonesia Yogyakarta
Author
Hestiningtyas, Lusia
Subject
 
Datestamp
2021-09-10 05:44:39 
Abstract :
Kemampuan musik seseorang salah satunya dapat diukur dari tingkatkepekaan dalam mendengarkan nada dan ritme. Kemampuan mendengarkan nada danritme ini dapat ditingkatkan dengan cara melakukan latihan-latihan. Metode menjadisarana penting untuk meningkatkan kemampuan tersebut. Salah satu metode belajarmusik tersebut adalah metode Dalcroze. Penelitian ini bertujuan mengkaji peningkatan kemampuan mendeteksi nadadan ritme pada anak melalui metode Dalcroze. Metode penelitian yang digunakan yakni metode eksperimen dengan pendekatan kuasi eksperimen. Subjek penelitianterdiri dari 30 siswa kelas V SD Kanisius Wates dan SD Kanisius Minggir, yang berusia 9-11 tahun. Melalui random, subjek dikelompokkan dalam kelompokeksperimen (15 siswa) dan kelompok kontrol (15 siswa). Penelitian ini menggunakan. Metode Dalcroze sebagai variabel bebas (independent variable) dan kemampuanmendeteksi nada dan ritme sebagai variabel tergantung (dependent variable). Teknikanalisis data yang digunakan adalah T-test dengan tingkat signifikansi 5%.Kemampuan mendeteksi nada dan ritme dari kedua kelompok diperoleh dariskor Aural Test yang terdiri dari tes mendeteksi nada dan ritme. Hasil skor pretest(subjek kelompok kontrol = 169,53 ; subjek kelompok eksperimen = 145,13) danhasil skor posttest (subjek kelompok kontrol = 171,37 ; subjek kelompok eksperimen= 176,00). Setelah skor tersebut diuji dengan menggunakan uji t (pada pretest) dan ujiMann-whitney (pada posttest) diperoleh hasil bahwa tidak ada peningkatan yang signifikan dalam kemampuan mendeteksi nada dan ritme pada kelompok eksperimen. Maka, hipotesis dalam penelitian ini tidak diterima. Hal ini disebabkan karena nilaisignifikansi pada posttest , yakni 0,512 > 5%.Kesimpulan yang dapat ditarik dalam penelitian ini adalah tidak adapeningkatan yang signifikan pada kelompok yang mendapat perlakuan Metode Dalcroze (kelompok eksperimen) 
Institution Info

Institut Seni Indonesia Yogyakarta