DETAIL DOCUMENT
Lagu Shalawat Nariyah Dalam Ansambel Musik Inkonvensional Melalui Metode Carl Orff Pada Siswa Kelas III di SD Negeri 1 kalibagor Situbondo
Total View This Week0
Institusion
Institut Seni Indonesia Yogyakarta
Author
Hidayatullah, Panakajaya
Subject
 
Datestamp
2021-09-10 04:50:11 
Abstract :
Pendidikan musik di Indonesia sebagai disiplin ilmu baru masih jauh daritujuan pendidikan musik sehingga tidak sedikit siswa dan guru kurang memahami manfaat dari pendidikan musik. Mata pelajaran seni musik di SD Negeri 1 Kalibagor awalnya berjalan kurang maksimal karena SDM guru yang kurang memiliki daya kreasi sehingga membuat minat siswa dalam mengikuti pelajaranini berkurang. Tujuan dari penelitian ini adalah : Untuk mengetahui penerapan metodeCarl Orff pada siswa kelas III SD Negeri 1 Kalibagor dan untuk mengetahuibahwa metode Carl Orff dapat meningkatkan kualitas pembelajaran seni musikpada siswa kelas III SD Negeri 1 Kalibagor. Metode Carl Orff merupakan metode yang mengajarkan musik melalui improvisasi alat perkusi. Metode Orff memberikan suasana baru dalam musikpendidikan, jika dalam tradisi musik barat lebih menekankan anak-anak untuk belajar membaca notasi, tetapi dalam metode Orff lebih memfokus ke arah perkembangan kreatif dan ekspresif, Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) penerapan metode carl orff di SD Negeri 1 Kalibagor menggunakan metode imitasi dalam penyampaian materi. Metode Darl Orff diterapkan melalui ansambel musik inkonvensional yaitu instrumen perkusi menggunakan barang bekas dan memainkan lagu Shalawat Nariyah dalam pembelajat=rannya, (2) metode Carl Orff dapat meningkatkan kualitaspembelajaran siswa kelas III di SD Negeri 1 Kalibagor 
Institution Info

Institut Seni Indonesia Yogyakarta