DETAIL DOCUMENT
Penggunaan Supers Sebagai Media Persuasi pada Penyutradaraan Iklan Layanan Masyarakat "Untuk Bumi Yang Lebih Hijau".
Total View This Week0
Institusion
Institut Seni Indonesia Yogyakarta
Author
Fijriani, Nissa
Subject
Televisi 
Datestamp
2021-09-12 08:26:46 
Abstract :
Televisi selalu sebagaai media hiburan daan informasi juga dapat digunakan sebagai meadia pendidikan. Televisi menjadi media yang cukup efektif dalam menjalankan atau mensosialisaasikan program. Dengan kata lain televisi adalah media kampanye yang cukup kuaat dan beerpengaruh. Bentuk kampanye melalui media televisi adalah Iklan Layanan Masyarakat (ILM).Pesan ILM berupa ajakan atau himbauan kepada masyarakat untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu tindakan demi kepentingan umum atau mengubah sesuatu kebiasaan atau perilaku masyarakat "yang tidak baik" supaya menjadi lebih baik dan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Tujuan utama peranacangan ILM adalah untuk mengajak masyarakat melakikan suatu tidakan yang dapat menyebabkan perubahan menuju suatu yang lebih baik atau ideal. Salah satu unsur pembangun iklan adalah Supers. Supers atau test on screen berfungsi sebagai penegasan persuasi dan dapat menjadi ciri suatu iklan. Iklan yang menggunakan "substanstive supers" nlebh persuasi dibandingkan iklan tanpa supers. ILM "untuk Bumi yang Lebih Hijau" menganjurkan seluruh masyarakat untuk berpartisipasi menyelamatkan lingkungan dengan cara mengurangi sampah rumah tangga untuk dimanfaatkaan menjadi suatu yang baru yang ditampilkan dengan visualisasi adegan pemunculan supers sebagai media persuasi.Aspek naratif yang dihadirkan dalamiklan ini adalah hal, kejadian, dan permasalahan yang biasa hadir dalam masyarakat. Salah satu dari hal tersebut kemudian dikemas dengan jalan cerita dan visualisasi yang dirancang secara matang agar persuasi yang ingin disampaikan kepada masyarakat dapat mencapai sasaran. 
Institution Info

Institut Seni Indonesia Yogyakarta