DETAIL DOCUMENT
Proses Pembelajaran Melalui Media Bernyanyi Pada Anak Usia Prasekolah Di PAUD Terpadu Budi Mulia Dua Terban Yogyakarta
Total View This Week0
Institusion
Institut Seni Indonesia Yogyakarta
Author
Setiawan, Isromi
Subject
Seni Musik 
Datestamp
2021-09-12 22:13:03 
Abstract :
Proses pembelajaran merupakan suatu tahapan terpenting dalam proses pendidikan. Proses pembelajaran yang baik adalah proses pembelajaran yang pelaksanaannya terkendali dan pembelajarannya harus membuat siswa belajar, untuk itu diperlukan media pembelajaran yang tepat terutama untuk anak usia dini/usia prasekolah. Media pembelajaran melalui media bernyanyi merupakan salah satu pilihan terbaik dalam proses pembelajaran untuk anak usia prasekolah. Penelitian dilakukan untuk mengetahui seperti apa proses pembelajaran melalui media bernyanyi, fungsi bernyanyi dalam pembelajaran, serta hasil dari pembelajaran melalui media bernyanyi yang dilakukan di PAUD Terpadu Budi Mulia Dua Terban Yogyakarta yang merupakan penelitian kualitatif-deskriptif. Penelitian ini bermaksud untuk meneliti fenomena yang terjadi untuk kemudian di analisis secara deskriptif lalu di intrepretasikan. Hasil analisis kualitatif menunjukkan bahwa pembelajaran disertai bernyanyi dapat menimbulkan reaksi yang positif dari anak. Anak menjadi lebih responsif, ekspresif, dan komunikatif selama proses pembelajaran sehingga materi pembelajaran dapat diterima dengan baik dan bahkan kegiatan bernyanyi yang diajarkan di PAUD, diterapkan kembali oleh anak dalam kehidupan sehari-hari. PAUD merupakan jenjang pendidikan sebelum pendidikan dasar. Memilih PAUD yang tepat adalah kunci sukses tumbuh kembang anak yang positif. Tepat dalam artian tepat metode pembelajaran yang diterapkan, media pembelajaran yang diterapkan, serta proses pembelajaran yang baik dan tepat guna. 
Institution Info

Institut Seni Indonesia Yogyakarta