Institusion
Institut Seni Indonesia Yogyakarta
Author
Zulkarnain Ghazali, NIM: 0911832024
Subject
Disain Komunikasi Visual
Datestamp
2015-12-08 07:17:56
Abstract :
Kerusakan lingkungan baik yang disengaja maupun tidak disengaja kerap terjadi dan cenderung
mengalami peningkatan. Jakarta sebagai jantung ibukota negara yang terus mengalami perubahan
signifikan dan pembangunan pada berbagai aspek memiliki daerah-daerah dengan aset dan potensi
berharga berupa kekayaan alam yang layak untuk ditingkatkan dan dilestarikan. Salah satu daerah di
Jakarta yang perlu lebih diperhatikan aset dan potensinya adalah Condet. Dari dasar tersebut maka
dilakukan sebuah penelitian yang bertujuan untuk mengangkat positioning sebuah daerah dalam
perancangan visual branding kawasan agrowisata Condet, Kramat Jati, Jakarta Timur, Indonesia.
Condet merupakan daerah sejuk juga nyaman, di dalamnya terdapat potensi- potensi seperti
keanekaragaman flora, seni budaya dan ekowisata yang sangat layak untuk dikembangankan dan
menjadikan Condet sebagai kawasan agrowisata. Hal tersebut menjadi salah satu alasan untuk
menyampaikan pesan yang disajikan dengan nuansa segar dan natural. Konsep natural menjadi
pendekatan utama dalam menyampaikan pesan yang nantinya diintegrasikan ke media komunikasi visual.
Kesimpulan yang dapat diambil bahwa pada perancangan visual branding ini digunakan pendekatan
keadaan geografis dan potensi-potensi Condet yang merupakan aset berharga daerah. Dengan pendekatan
tersebut diharapkan visual branding Condet dapat memiliki daya tarik tinggi dan identitas Condet
menjadi lebih baik di masa mendatang.