DETAIL DOCUMENT
Perancangan Board Game Adaptasi Cerita Rakyat sebagai Media Edukasi untuk Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar
Total View This Week0
Institusion
Institut Seni Indonesia Yogyakarta
Author
Galang Wibowo, Gustopo
Subject
Disain Komunikasi Visual 
Datestamp
2021-09-16 04:00:57 
Abstract :
Generasi muda saat ini cenderung kurang mengenal cerita rakyat. Selain karena cerita rakyat yang kurang populer juga karena kurangnya materi dalam bahan ajar maupun media pembelajaran di sekolah. Media pembelajaran berupa board game dipilih karena board game merupakan media pembelajaran yang efektif, karena anak merasakan proses belajar sambil bermain saat memainkan board game sehingga tidak merasa tertekan. Perancangan media edukasi ini dilakukan untuk mendukung pembelajaran cerita rakyat bagi siswa kelas 3 sekolah dasar. Perancangan ini bekerja sama dengan sekolah Jogja Community School, di mana board game ini nantinya akan digunakan sebagai bahan ajar dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Studi mengenai dasar teori yang terkait dalam perancangan, yang meliputi teori tentang perkembangan anak, teori tentang pembelajaran, teori tentang bermain, teori tentang board game, dan teori tentang cerita rakyat diperoleh melalui studi pustaka. Data mengenai target audience diperoleh melalui wawancara kepada Guru. Data yang diperoleh dari wawancara dan studi pustaka kemudian dianalisis menggunakan teknik 5W+1H, dengan menganalisa permasalahan dari What (apa), Where (di mana), Why (mengapa), When (kapan), Who (siapa), dan How (bagaimana). Cerita rakyat yang diangkat dalam game ini adalah cerita rakyat yang mengandung benda pusaka ajaib yang terkandung dalam unsur cerita dan berasal dari pulau Jawa, total terdapat sebelas cerita rakyat. Proses pembuatan board game, pemilihan cerita, pembuatan karakter baik karakter utama maupun karakter cerita rakyat disesuaikan dengan perkembangan anak usia 7-9 tahun, yang kemudian diintegrasikan dengan teori-teori yang diperoleh dalam studi pustaka. Bourd gume yang dirancang bersifat kompetisi dengan jenis memory game. Perancangan desain ini tidak hanya menghasilkan pemecahan masalah terhadap kebutuhan media edukasi untuk cerita rakyat, tetapi juga memberikan saran dan rekomendasi kepada klien untuk dapat mengembangkan lebih jauh board game "Rimba Pusaka" di masa mendatang. 
Institution Info

Institut Seni Indonesia Yogyakarta