DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Handedness Dalam Pembelajaran Biola Terhadap Partisipan Kidal (Sebuah Studi Komparasi)
Total View This Week0
Institusion
Institut Seni Indonesia Yogyakarta
Author
Nikka Pramashvara, Alexandra
Subject
Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik) 
Datestamp
2021-09-17 04:09:43 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh handedness terhadap permainan instrumen biola yang merupakan instrumen asimetri dan efektivitas pembelajaran biola. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus?melakukan studi komparasi antara 2 subjek yang setara dan baru pertama kali memegang biola, dengan perlakuan yang berbeda yakni kedua subjek menggunakan biola yang berbeda?biola untuk orang kidal yang sudah dimodifikasi dan biola non kidal pada umumnya yang kemudian diobservasi proses pembelajarannya. Data penelitian ini diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek yang memainkan biola dengan anatomi kidal lebih nyaman dan lebih efektif dalam menjalani proses pembelajaran biola meskipun keduanya sama-sama sampai di target yang telah ditentukan. Hasil penelitian juga didukung oleh pokok-pokok bahasan yang mendukung seperti neurologi, pengalaman musisi kidal, akustik organologi, serta metode anatomi pembelajaran biola. 
Institution Info

Institut Seni Indonesia Yogyakarta