Abstract :
Industri pakaian modern semakin berkembang di Indonesia. Pakaian bertranformasi menjadi sebuah trend fesyen. Masyarakat mulai mengerti tentang adanya sebuah mode gaya berbusana. Sehingga dalam berpakaian selalu memperhatikan aspek kesesuaian dengan suatu kondisi atau keadaan tertentu, menurut latar belakang si pemakai. Pada tahun 90-an industri fesyen menjelma menjadi sebuah fenomena dimana saat itu banyak bermunculan lokal clothing company. Diolah oleh tenaga muda yang kreatif dan inovatif. Salah satu diantara dari sekian banyaknya brand lokal clothing company yang berkembang di Indonesia adalah Ouval Research, dengan t-shirt sebagai produk unggulannya. T-shirt merupakan salah satu media komunikasi visual yang berakar dari cabang keilmuan Disain Komunikasi Visual, Tanda berupa verbal dan visual didalam desain t-shirt, terkandung banyak intepretasi makna konotasi. Dalam penelitian ini, penulis memfokuskan kajian pada tanda dan simbol yang muncul pada desain t-shirt Ouval Research tahun 2011, serta memunculkan makna konotasi dibalik tanda dan simbol yang merupakan identitas bagi kalangan anak muda di Indonesia, ditinjau dengan pendekatan teori semiotika. Tanda dianalisis dengan pendekatan teori Semiotika Pierce untuk melihat ikon, index, dan simbol. Sedangkan teori Semiotika Roland Barthes membantu memunculkan makna konotasi dengan memanfaatkan pengelompokan kode seperti yang ada didalam bukunya berjudul S/Z, meliputi kode narasi, kode simbolik, kode hermeunetik, kode semantik, dan kode kebudayaan. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode kualitatif secara deskriptif.