DETAIL DOCUMENT
Perancangan Desain Website Sebagai Media Promosi Bali Vespa Tour di Buleleng Bali
Total View This Week0
Institusion
Institut Seni Indonesia Yogyakarta
Author
Teja Sukmana, Nyoman
Subject
Disain Komunikasi Visual 
Datestamp
2021-09-20 05:41:35 
Abstract :
Bali Vespa Tour berdiri pada tanggal 9 Januari 2011 dan merupakan perusahaan jasa bidang perjalanan wisata di kawasan Bali Utara. Bali Vespa Tour telah melakukan kegiatan promosi menggunakan beberapa media seperti website, blog, brosur, dan stiker. Tetapi secara visual website Bali Vespa Tour memiliki beberapa kekurangan: (1) Tampilan grafis yang statis dan kurang kreatif. (2) Tidak tersedianya ruang dialog (chat rooms). (3) Kurangnya animasi. (4) Tidak terdapat link pada website. (5) Desain web yang kurang fleksibel. (6) kurangnya dukungan sosial media. (7) informasi belum komunikatif. Untuk itu perlu dilakukan perancangan ulang untuk meningkatkan jumlah wisatawan menggunakan jasa Bali Vespa Tour. Pembahasan perancangan ini yaitu: Bagaimana merancang media komunikasi visual berupa desain website dan media pendukung lainnya sebagai media promosi Bali Vespa Tour yang menarik, efektif, dan tepat sasaran sehingga dikenal oleh wisatawan serta menarik wisatawan untuk menggunakan jasa Bali Vespa Tour? Tujuan perancangan ini membuat media komunikasi visual berupa website dan media pendukung lainnya yang menarik, efektif, tepat sasaran agar dikenal oleh wisatawan dan meningkatkan jumlah wisatawan yang menggunakan jasa Bali Vespa Tour serta menginformasikan bahwa berwisata dengan Bali Vespa Tour merupakan pengalaman yang luar biasa serta dapat meningkatkan pariwisata di Buleleng. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada perancangan ini adalah observasi lapangan, wawancara, tinjauan pustaka dan dokumentasi. Pengumpulan data ini dilakukan guna mendukung ide dasar dalam pembentukan konsep disain yang sesuai untuk diterapkan pada desain website Bali Vespa Tour. Hasil dari perancangan ini berupa desain website sebagai media utama yang dapat menyesuaikan layar device pengguna atau disebut dengan responsive web design. Pergerakan setiap halaman website dilakukan secara vertikal dimana setiap halaman akan menggunakan cara slide dan scroolling. Proses pembuatan ilustrasi dibuat dengan teknik gambar manual selanjutnya diolah dengan softwar pengolah gambar digital. Gaya desain yang digunakan sebagai acuan dalam membuat ilustrasi adalah gaya desain young artist. Sedangkan untuk ikon yang ditampilkan pada website akan dirancang menggunakan gaya doodle art. Media pendukung yang dihasilkan pada perancangan ini seperti web banner, brosur, stiker, card member, tas kanvas, facebook page, dan twitter page. 
Institution Info

Institut Seni Indonesia Yogyakarta