Institusion
Institut Teknologi Bandung
Author
Bastian, Andy (STUDENT ID : 23607015)
(LECTURER ID : 0028116502)
(LECTURER ID : 0013107402)
Subject
Teknik (Rekayasa, enjinering dan kegiatan berkaitan)
Datestamp
2019-10-17 14:57:05
Abstract :
Krisis global yang melanda dunia menyebabkan harga minyak naik secara drastis.
Kenaikan harga minyak akan menyebabkan biaya operasi langsung (direct
operating cost / DOC) juga meningkat. Selain itu, penggunaan bahan bakar yang
boros pada pesawat udara menyebabkan rusaknya lapisan ozon yang dapat
membahayakan kehidupan manusia.
Salah satu metode yang diterapkan untuk mengurangi biaya operasi langsung
adalah dengan program penghematan konsumsi bahan bakar (fuel conservation
program). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program penghematan bahan
bakar yang dilakukan pada maskapai penerbangan Garuda Indonesia dimana
strategi yang digunakan dalam program penghematan bahan bakar ini adalah aspek
operasi penerbangan. Data yang digunakan adalah data penerbangan rute
Cengkareng (CGK) ? Denpasar (DPS) pada bulan Maret 2009.
Namun dalam pelaksanaan program penghematan konsumsi bahan bakar (fuel
conservation program) diperlukan suatu sistem untuk memonitor kinerja strategistrategi
penghematan bahan bakar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat
keberhasilan program penghematan bahan bakar pada maskapai penerbangan
Garuda Indonesia sudah cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari program monitoring
yang dilakukan, dimana strategi penghematan yang dilakukan telah sesuai dengan
prosedur yang berlaku.