DETAIL DOCUMENT
EVALUASI DAN PERBAIKAN DESAIN INTERAKSI EDUNEX DENGAN PENDEKATAN USER-CENTERED DESIGN
Total View This Week0
Institusion
Institut Teknologi Bandung
Author
Mizani, Alya (STUDENT ID : 18218029)
(LECTURER ID : 0023068307)
Subject
 
Datestamp
2022-06-25 11:23:07 
Abstract :
Edunex merupakan Learning Management System yang digunakan di Institut Teknologi Bandung untuk mendukung kegiatan belajar dan mengajar secara daring dan hybrid. Namun, dalam proses penggunaannya terdapat beberapa kebutuhan mahasiswa yang masih belum dapat dijawab dengan baik. Agar Edunex dapat memenuhi kebutuhan para mahasiswa, maka pendekatan desain interaksi yang digunakan adalah user-centered design. Pengembangan memprioritaskan perbaikan pada fitur Homepage, My Courses, Exams, dan Presences sebab memiliki value kepada pengguna dan feasibility yang tinggi. Selain itu, berdasarkan kuesioner yang telah disebarkan didapatkan kebutuhan akan fitur baru berupa Reminder dan Tutorial yang juga akan dikembangkan. Keluaran dari tugas akhir ini adalah prototipe highfidelity berupa situs website untuk layar desktop yang memenuhi usability dan user experience goals efektivitas, efisiensi, learnability, dan helpful. Capaian usability dan user experience goals diukur dengan menggunakan metrik Completion Rate untuk efektivitas, Single Ease Question (SEQ) untuk learnability, System Usability Scale (SUS) untuk efisiensi, dan IMI dengan subskala value/usefulness untuk helpful. Pada pengujian berupa usability testing yang telah dilakukan, diperoleh nilai Completion Rate sebesar 100%, nilai SEQ sebesar 6,9 dari 7, nilai SUS sebesar 90 dari 100, dan nilai IMI sebesar 6,7 dari 7. Berdasarkan perolehan yang didapatkan, dapat disimpulkan bahwa usability dan user experience goals yang ingin dipenuhi dari prototipe ini sudah tercapai.  

Institution Info

Institut Teknologi Bandung