DETAIL DOCUMENT
ANALISIS STRATEGI JASA ANGKUTAN PEMADU MODA BSM-BSH DENGAN PENDEKATAN METODA SWOT-QSPM
Total View This Week0
Institusion
Institut Teknologi Bandung
Author
Sudrajat, Jessy (STUDENT ID : 24206001)
Subject
 
Datestamp
2017-09-27 15:29:57 
Abstract :
Semakin banyaknya pengusaha yang melirik bidang jasa angkutan pemadu moda menjadi ancaman terhadap pengusaha yang sedang menjalani bidang tersebut, maka untuk mempertahankan suatu strategi dibidang jasa angkutan pemadu moda, tentunya harus melihat beberapa pesaing yang mempunyai ciri dan karakter tersendiri dalam meningkatkan jasa angkutan pemadu moda tersebut. Faktor-faktor yang mempengaruhi terhadap persaingan tersebut adalah faktor eksternal, faktor internal, dan faktor kunci sukses suatu perusahaan, dengan demikian perusahaan dapat memberikan suatu keputusan strategi yang tepat untuk dijadikan dasar pertimbangan strategi apa yang dirasakan perusahaan saat ini dan yang diharapkan dimasa yang akan datang, sehingga strategi tersebut dapat memberikan gambaran perusahaan untuk mempertahankan, mengembangkan dan memperbaiki kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman terhadap strategi yang sudah berjalan dan strategi yang akan datang.Pendekatan pemecahan masalah untuk analisis strategi jasa angkutan pemadu moda BSM-BSH dengan pendekatan metoda SWOT-QSPM. Metoda tersebut digunakan untuk menentukan pengambilan suatu keputusan strategi perusahaan dengan melihat faktor-faktor Dimensi SWOT yang dikuantifikasikan, sehingga perusahaan dapat memenentukan strategi apa yang harus dilakukannya serta menetapkan arah kebijakan dalam melakukan perbaikan dan peningkatan sarana, prasarana dan sumber daya manusia perusahaan tersebut.Penelitian ini telah memberikan hasil yaitu posisi pengambilan keputusan pada posisi Growth Stabilility, sesuai dengan hasil penelitian matrik SWOTÃ?Â?Ã?Â?QSPM yang mana hasil kuantitaif matrik EFE, total skor matrik EFE = 235 dan hasil matrik kuantitatif IFE, total skor IFE = 250, bertemu pada posisi Matrik SWOT-QSPM berada pada Growth Stability yang artinya perusahaan tersebut dalam mengambil keputusan strateginya konsentrasi melalui integrasi horizontal terhadap penetrasi pasar, peningkatan sarana, prasarana serta suberdaya manusia dengan tidak merubah profit strategi yang sedang berjalan. 

Institution Info

Institut Teknologi Bandung