Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang pendidikan siswa
berprestasi dan untuk menjelaskan gaya belajar siswa berprestasi dalam Bahasa
Arab kelas VII di MTs N Godean.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitataif, dan yang menjadi subjek
dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs N Godean. Proses pengumpulan
data dilakukan dengan menggunakan tiga cara, yaitu: observasi, wawancara dan
dokumentasi. Proses observasi peneliti lakukan dengan mengamati proses
pembelajaran Bahasa Arab yang terjadi di kelas VII MTs N Godean. Peneliti
mengamati semua aktifitas yang terjadi di dalam kelas saat berlangsung. Baik itu
aktifitas guru maupun aktifitas siswa. Sedangkan untuk data-data tentang
pembelajaran yang tidak bisa peneliti dapatkan dengan cara observasi, peneliti
menggunakan cara lain yaitu wawancara langsung dengan beberapa informan
yang berkompeten dengan data atau informasi yang peneliti butuhkan. Diantara
informan yang peneliti wawancarai adalahguru Bahasa Arab, Kepala Sekolah,
Bagaian Tata Usaha (TU) dan beberapa orang siswa. Untuk data-data yang
bersifat dokumen, peneliti menggunakan data dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa latar belakang pendidikan siswa kelas
VII MTs N Godean berbeda-beda. Mereka ada yang lulusan dari SDN, SD
Muhamadiyah, SDIT dan MI. Namun kebanyakan mereka lulusan dari SDN.
Gaya belajar siswa kelas VII MTs N Godean juga berbeda-beda. Mereka ada yang
bergaya belajar visual, auditorial dan kinestik. Namun kebanyakan siswa yang
berprestasi dalam Bahasa Arab adalah siswa yang bergaya belajar visual.