DETAIL DOCUMENT
GAYA BELAJAR BAHASA ARAB SISWA BERPRESTASI KELAS VII MTS N GODEAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
LUS KADIR, NIM. 09420030
Subject
Pendidikan Bahasa Arab 
Datestamp
2017-04-26 07:54:56 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang pendidikan siswa berprestasi dan untuk menjelaskan gaya belajar siswa berprestasi dalam Bahasa Arab kelas VII di MTs N Godean. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitataif, dan yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs N Godean. Proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tiga cara, yaitu: observasi, wawancara dan dokumentasi. Proses observasi peneliti lakukan dengan mengamati proses pembelajaran Bahasa Arab yang terjadi di kelas VII MTs N Godean. Peneliti mengamati semua aktifitas yang terjadi di dalam kelas saat berlangsung. Baik itu aktifitas guru maupun aktifitas siswa. Sedangkan untuk data-data tentang pembelajaran yang tidak bisa peneliti dapatkan dengan cara observasi, peneliti menggunakan cara lain yaitu wawancara langsung dengan beberapa informan yang berkompeten dengan data atau informasi yang peneliti butuhkan. Diantara informan yang peneliti wawancarai adalahguru Bahasa Arab, Kepala Sekolah, Bagaian Tata Usaha (TU) dan beberapa orang siswa. Untuk data-data yang bersifat dokumen, peneliti menggunakan data dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa latar belakang pendidikan siswa kelas VII MTs N Godean berbeda-beda. Mereka ada yang lulusan dari SDN, SD Muhamadiyah, SDIT dan MI. Namun kebanyakan mereka lulusan dari SDN. Gaya belajar siswa kelas VII MTs N Godean juga berbeda-beda. Mereka ada yang bergaya belajar visual, auditorial dan kinestik. Namun kebanyakan siswa yang berprestasi dalam Bahasa Arab adalah siswa yang bergaya belajar visual. 
Institution Info

Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga