Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
M. ARIF HIDAYATULLOH, NIM. 06420010
Subject
Pendidikan Bahasa Arab
Datestamp
2017-04-28 06:32:25
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal ulangan dengan
menganalisisnya dari segi kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif digunakan
untuk mengukur validitas logis dari soal. Analisis secara kualitatif dilakukan
dengan menggunakan tabel dari dinas pendidikan yang meliputi aspek materi,
konstruksi, dan bahasa/budaya juga menggunakan tabel taksonomi bloom yang
direvisi oleh Anderson dan Krathwol. Analisis secara kuantitatif digunakan untuk
mengukur validitas empiris dan reliabilitas soal yang diteliti. Analisis kuantitatif
menggunakan dua teori yaitu teori klasik dan teori respon butir. Analisis secara
kuantitatif inilah yang pengerjaannya menggunakan program analisis data quest.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang akan menjelaskan kualitas
soal yang dianalisa secara kualitatif dan kuantitatif. Analisis secara kualitatif
dilakukan dengan mengundang peneliti ahli yaitu guru SMP Muhammadiyah 3
Depok, SMP Muhammadiyah 1 Sleman, dan SMP Muhammadiyah Pakem.
Sampel yang digunakan dalam analisis kuantitatif adalah siswa kelas VIII
SMP Muhammadiyah 3 Depok yang berjumlah 132 siswa. Metode pengumpulan
data dilakukan dengan mengambil seluruh hasil ulangan semester genap siswa.
Analisis secara kuantitatif dilakukan dengan memasukan seluruh hasil jawaban
siswa kedalam program quest yang nantinya akan keluar hasil dalam satu folder
yang disiapkan.
Hasil analisis kualitatif menunjukkan bahwa soal dikategorikan baik secara
materi karena soal memenuhi empat pernyataan dalam tabel analisis. Pada aspek
konstruksi soal mempunyai kriteria baik dikarenakan memenuhi sepuluh
pernyataan yang ada dalam tabel analisis. Pada aspek budaya/bahasa soal juga
mempunyai kriteria baik dikarenakan memenuhi empat pertanyaan yang ada
dalam tabel analisis.
Hasil analisis menggunakan taksonomi bloom dalam dimensi kognitif
diperoleh 30% yang termasuk mengingat, 60% memahami, dan 10% menerapkan.
Adapun dimensi pengetahuan diperoleh hasil 44% yang termasuk pengetahuan
faktual, 46% yang termasuk pengetahuan konseptual, dan 10% yang termasuk
pengetahuan prosedural.
Hasil analisis kuantitatif menggunakan teori klasik diperoleh hasil bahwa soal
bahasa arab dikategorikan cukup baik, karena memiliki 16 soal atau 32%
berkategori baik, 20 soal atau 40% cukup baik, dan 14 soal atau 28% soal tidak
baik.
Secara kuantitatif dengan pendekatan teori respon butir diperoleh hasil bahwa
soal bahasa arab dikategorikan sangat baik, karena memiliki 46 soal atau 92%
berkategori baik, dan 4 soal atau 8% tidak baik.
Kata Kunci : Analisis Butir soal, analisis kualitatif, analisis kuantitatif, taksonomi
bloom, teori klasik, teori respon butir, program quest.