Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
LAILIYA ROHANA, NIM. 08470035
Subject
Kependidikan Islam
Datestamp
2017-03-24 04:10:17
Abstract :
LAILIYA ROHANA. Penerapan Strategi Active Knowledge Sharing Dalam
Pembelajaran Akidah Akhlak Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar
Siswa Kelas VIII A MTs N Pakem Sleman Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta:
Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam
Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2012.
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya motivasi siswa pada kelas
VIII A yang juga berdampak pada prestasi belajar, prestasi belajar pada kelas
VIII A lebih rendah dibandingkan dengan kelas VIII yang lainnya pada mata
pelajaran akidah akhlak, oleh karena itu perlu adanya tindakan untuk
meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran akidah
akhlak yaitu dengan menggunakan strategi active knowledge sharing dalam
pembelajaran akidah akhlak. Penelitian ini bersifat penelitian tindakan kelas
dengan tujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran yang sebelumnya dengan
mengambil latar kelas VIII A MTs N Pakem Sleman Yogyakarta yang berjumlah
25 siswa yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan.
Dalam pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi untuk
aspek motivasi, wawancara, dokumentasi, dan tes untuk prestasi belajar. Dalam
pengolahan data, peneliti menggunakan statistik sederhana untuk menghitung data
dan diinterpretasikan dengan kalimat deskriptif agar hasil penelitian dapat
tersampaikan kepada pembaca. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dimana
masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Adapun tahap dalam setiap
siklus terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, observasi/pengamatan dan refleksi.
Hasil penelitian ini menunjukkan: Strategi active knowledge sharing dapat
digunakan pada pelajaran akidah akhlak khususnya kelas VIII A MTs N Pakem
Sleman Yogyakarta. Hal tersebut terbukti adanya peningkatan pada aspek
motivasi dan prestasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II. (1) Pada aspek
motivasi siswa siklus I pertemuan pertama sebesar 9,36 pada kategori sedang
meningkat pada pertemuan kedua menjadi 11,12 pada kategori sedang pula.
Sedangkan pada siklus II pertemuan pertama sebesar 12, 16 pada kategori tinggi
meningkat pada pertemuan kedua menjadi 13,04 pada kategori tinggi. (2) Pada
aspek prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan yaitu pre test pada siklus
I mendapat nilai rata-rata 65,8 meningkat pada post test yaitu 77,4. Sedangkan
pada siklus II nilai rata-rata pre test yaitu 75,5 meningkat pada post test yaitu
79,4. Dengan demikian, baik aspek motivasi maupun prestasi belajar siswa ratarata
mengalami peningkatan pada tiap siklusnya yaitu 3,68 atau 24,50% pada
aspek motivasi, dan 13,6 pada aspek prestasi belajar.