Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
LAELATUL ISTIQOMAH, NIM. 08420051
Subject
Pendidikan Bahasa Arab
Datestamp
2017-04-07 09:15:54
Abstract :
Laelatul Istiqomah (Eksperimentasi Media Berbasis E-Learning Pada
Pembelajaran Bahasa Arab Di Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri
Laboratorium UIN Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012).
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya
perbedaan yang signifikan pada pembelajaran bahasa Arab antara kelas eksperimen
(kelompok yang menggunakan media berbasis e-learning) dengan kelas kontrol
(kelompok yang tidak menggunakan media berbasis e-learning). Dengan adanya
penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi peserta didik dalam belajar
bahasa Arab.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII A dan B MTsN
Lab.UIN Yogyakarta tahun ajaran 2011/2012 sebanyak 70 siswa, yang terdiri atas
dua kelas, yaitu kelas VIII A sebagai kelompok eksperimen sejumlah 35 siswa, dan
kelas VIII B sebagai kelompok kontrol sejumlah 35 siswa juga. Adapun teknik
pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan: observasi, wawancara,
dokumentasi dan tes. Sedangkan pengkajian instrumen dalam rangka menguji
keampuhan instrumen dilakukan dengan uji validitas dan realibilitas, untuk
persyaratan uji analisis data menggunakan uji normalitas dengan rumus One Sample
Kolmogorof-Smirnov-Z, sedangkan uji homogenitas dilakukan dengan menggunakan
rumus Analisis Varians. Analisis untuk pengujian hipotesis yang dipakai berupa
analisis statistik dengan menggunakan rumus Uji ?t?.
Berdasarkan hasil analisis uji ?t? disimpulkan bahwa ?terdapat perbedaan
yang signifikan pada pembelajaran bahasa Arab antara kelompok eksperimen (yang
menggunakan media berbasis e-learning) dengan kelompok kontrol (yang tidak
menggunakan media berbasis e-learning).? Hal ini ditunjukkan dengan perolehan
nilai rata-rata post test untuk kelompok eksperimen sebesar 90,57, sedangkan
kelompok kontrol hanya memperoleh nilai rata-rata post test sebesar 82,57. Dari nilai
rata-rata post test tersebut, kelompok eksperimen menunjukkan peningkatan lebih
tinggi, yakni sebesar 27,71, sedangkan untuk kelompok kontrol hanya memperoleh
nilai rata-rata peningkatan sebesar 21,14. Dengan melihat perbedaan skor yang
diperoleh masing-masing kelompok menunjukkan bahwa media berbasis e-learning
dapat diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Arab dan dapat dijadikan
sebagai alternatif dalam memilih media pembelajaran bahasa Arab.