Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
KUNI FATHONAH, NIM. 08420017
Subject
Pendidikan Bahasa Arab
Datestamp
2017-04-07 08:59:58
Abstract :
KUNI FATHONAH. Penerapan Metode Cooperative Learning Model
Paired Storytelling Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab
Siswa Kelas VII A MTs SA (Satu Atap) ANNa?im Ajisoko Sragen. Jurusan
Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri Sunan
Kalijaga Yogyakarta, 2012.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang bertujuan untuk
mendeskripsikan penerapan metode Paired Storytelling dalam pembelajaran
bahasa Arab, meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas VII
A MTs SA (Satu Atap) ANNa?im Ajisoko Sragen serta untuk mengetahui
tanggapan siswa terkait pembelajaran bahasa Arab setelah menggunakan metode
Paired Storytelling.
Penelitian ini bersifat kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan
interview, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus
terhadap 30 siswa. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu plan
(perencanaan), action (tindakan), observe (pengamatan), dan reflect (refleksi).
Adapun analisis data kuantitatif dilakukan dengan uji beda mean ( test t).
Hasil penelitian ini menujukkan: pertama, pelaksanaan penelitian
tindakan kelas ini dilakukan dengan dua siklus. Penerapan metode Paired
Storytelling diberi tugas kelompok untuk bercerita kembali dan melakukan
percakapan khiwar dengan menggunakan bahasa Arab dengan versi bahasa
mereka sendiri. Akhir dari kegiatan ini adalah evaluasi atau penilaian dari setiap
hasil kerja kelompok. Kedua, adanya peningkatan keterampilan berbicara bahasa
Arab dari pre-test, siklus I dan siklus II. Pada pre-test nilai rata-rata siswa adalah
57,67. Pada siklus pertama nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 67,0 dan
siklus II menjadi 75,67. Hasil uji ?t? terhadap nilai post-test siklus I dan siklus II
menunjukkan nilai ?t? hitung sebesar 5.517 dengan taraf signifikan 0.000,
sedangkan nilai ?t? tabel sebesar 2,04. Hal ini berarti bahwa terdapat peningkatan
yang signifikan pada keterampilan berbicara bahasa Arab siswa.