Institusion
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Author
LAILATUL FAUZIYAH, NIM. 08480040
Subject
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Datestamp
2017-01-18 03:06:13
Abstract :
LAILATUL FAUZIYAH. Penerapan Metode Role playing sebagai Upaya
Peningkatan Minat Dan Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan (Pkn) pada
Siswa Kelas IV MI Miftahusshibyan Welahan Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012 .
Skripsi. Yogyakarta : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012.
Latar belakang masalah penelitian ini adalah minat dalam pembelajaran
PKn di kelas IV MI Miftahusshibyan Welahan Jepara yang rendah. Hal ini
berpengaruh terhadap Prestasi belajar yang rendah pula. Oleh karena itu dilakukan
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan metode pembelajaran role playing di
kelas IV MI Miftahusshibyan yang bertujuan untuk meningkatkan minat dan
prestasi belajar siswa. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah:
bagaimana penerapan metode role playing dalam pembelajaran PKn pada siswa
kelas IV MI Miftahussibyan Welahan Jepara, bagaimana peningkatan minat dan
prestasi belajar siswa kelas IV MI Miftahusshibyan Welahan Jepara pada
pembelajaran PKn setelah menggunakan metode pembelajaran role playing.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek
penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 18 siswa dan guru PKn MI
Miftahusshibyan Welahan Jepara tahun pelajaran 2011/2012. Data yang
dikumpulkan berupa data minat dan prestasi belajar siswa. Pengumpulan data
dilakukan dengan observasi pada saat proses pembelajaran, pemberian angket
minat belajar pada siswa dan wawancara pada guru dan siswa untuk memperoleh
data minat belajar siswa. Pemberian tes belajar PKn pada pra tindakan, siklus I
dan siklus II juga dilakukan untuk memperoleh data prestasi belajar siswa.
Analisis data untuk minat dan prestasi belajar siswa menggunakan teknik analisis
data kualitatif deskriptif.
Hasil Penelitian : (1) Adanya peningkatan persentase minat belajar siswa
antara prasiklus dengan siklus I sebesar 48,24% dan siklus I dengan II meningkat
sebesar 21,25%. Sedangkan peningkata minat dari prasiklus ke siklus sebesar
58,86% (2) Prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan, hal tersebut dapat
terlihat dari Persentase siswa yang mencapai ketuntasan pada prasiklus adalah
35,3% sedangkan pada siklus I 80% siswa dan pada siklus II 93,75. Hal tersebut
menunjukkan peningkatan sebesar 44,7% dari prasiklus ke siklus I dan 13,75%
dari siklus I ke siklus II. Sedangkan peningkatan antara prasiklus dan siklus
sebesar 51,57%. Selain itu adanya peningkatan nilai rata-rata kelas yaitu pada tes
pra tindakan sebesar 6,75 pada siklus I sebesar 7,5 dan siklus II sebesar 8,1. Dari
hasil tersebut penerapan metode role playing secara signifikan dapat
meningkatkan minat dan prestasi belajar PKn materi Pemerintahan Desa pada
siswa kelas IV MI Miftahusshibyan Welahan Jepara tahun pelajaran 2011/2012
Kata kunci : pembelajaran PKn, role playing, minat belajar, prestasi belajar